Friday, November 23, 2012

Pemimpin Signifikan

KIAT MANAJEMEN: Pemimpin Signifikan

Compact_pemimpin --- Jodjana Jody meyakini bahwa sukses seorang pemimpin apabila kepemimpinannya digerakkan oleh nilai-nilai organisasi--

Memimpin perusahaan yang menjadi penguasa pasar sama menantangnya dengan memimpin perusahaan yang sedang mencari pasar. Pada perusahaan yang sedang mencari pasar tantangan terbesar pemimpin tidak lain membangun kekompakan tim untuk kemudian bersama-sama dengan seluruh anggota tim menaklukkan pasar.

Jika sang pemimpin mampu menaklukkan pasar, kemungkinan besar ia akan tetap bertahan menjadi pemimpin dengan tanggungjawab yang lebih menantang. Pun apabila terjadi kebalikan - pasar tidak mampu ia taklukkan – kemungkinan besar ia sendiri yang akan takluk sebagai pemimpin.

Pada perusahaan yang memimpin pasar, ada dua tantangan yang menghadang. Pertama, sang pemimpin harus bisa keluar dari bayang-bayang pemimpin terdahulu. Sungguh bukan pekerjaan mudah menyoal hal satu ini.

Para konstituen tentu akan membandingkan seluruh perilaku dan kinerjanya dengan pemimpin terdahulu. Bila perilakunya buruk dengan meminggirkan etika, perlawanan tentu akan muncul dari konstituennya. Jika kinerjanya biasa-biasa tanpa ada kenaikan signifikan, dianggap kepemimpinannya sekedar meneruskan seluruh kebijakan pendahulunya.

Tantangan kedua, ia memiliki tanggungjawab moral tidak hanya mempertahankan pasar. Lebih dari itu yaitu memperluas atau menciptakan pasar baru. Ketika sudah dalam posisi penguasa pasar –terlebih dalam industri yang sudah ketat persaingannya – bertumbuh melampaui dua digit bukan perkara gampang.

Selain pasar yang dikuasai sudah besar, para pesaing juga melakukan penetrasi pasar yang intensif. Hal seperti ini yang membuat sang pemimpin harus lebih kreatif dalam menyiasati pasar dan tangguh dalam mempertahankan kekompakan tim.

Sebagai CEO Auto 2000, Jodjana Jody menghadapi tantangan jenis kedua ini: organisasi yang dipimpinnya sudah lama menjadi penguasa pasar. Auto 2000 menjadi diler utama produk-produk keluaran Toyota.

Sampai hari ini jumlah diler yang dimiliki sebanyak 159 gerai yang tersebar di Sumatra, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara. Pasar yang dikuasai adalah 78% dari total penjualan Toyota.

Secara umum Toyota sendiri merupakan penguasa pasar produk-produk otomotif. Di Indonesia, Toyota mampu bertengger pada angka 38% dari keseluruhan penjualan merek mobil nasional. Kedigdayaan Toyota ini sudah berlangsung puluhan tahun.

Peran Auto 2000 sendiri tidak sebatas menyalurkan produk-produk Toyota. Auto 2000 merupakan miniatur dari Toyota, di mana dalam operasionalnya juga terlibat dalam pemasaran, perbaikan (service), penjualan suku cadang hingga perawatan kendaraan. Intinya, Auto 2000 merupakan garda depan Toyota ketika berhubungan dengan pelanggannya.

Mirip dengan peran Auto 2000, peran kepemimpinan Jodjana Jody juga tidak sebatas pada mengatur anak buah. Di dalam kepemimpinannya juga bertautan dengan pemberdayaan, pelayanan, kaderisasi hingga membangun etos kerja yang baik bagi seluruh karyawan Auto 2000. Ia memperoleh mandat untuk membentuk seluruh karyawan Auto 2000 menjadi karyawan berkinerja prima dengan moralitas nan menawan.  Bagaimana kiat-kiat kepemimpinan yang dijalankan Jodjana Jody?

Perjalanan Karir


Karir Jodjana Jody di Auto 2000 bermula dari karyawan level staf. Gabungan nan kuat antara kompetensi, karakter dan pengetahuan akhirnya membawa Jodjana Jody meraih posisi sebagai pemuncak organisasi. Perjalanan karir dari strata bawah ini yang menyebabkan Jodjana Jody tahu luar dalam organisasi Auto 2000. Hal demikian yang memberi nilai tambah padanya ketika ia didaulat untuk menyopiri kendaraan Auto 2000.

Jodjana Jody meyakini bahwa sukses seorang pemimpin apabila kepemimpinannya digerakkan oleh nilai-nilai organisasi. Di Auto 2000, ada lima nilai yang menjadi pegangan seluruh karyawan, yakni: Focus on customer, Integrity, Respect for others, Strive for excellence, dan Teamwork.

Nilai pertama focus on customer mengabarkan bahwa Auto 2000 ada untuk melayani konsumennya. Pelayanan prima selalu diciptakan oleh para karyawan. Menyadari hal demikian maka karyawan yang dikembangkan oleh Jodjana Jody yaitu karyawan yang memiliki loyalitas, produktif, ahli dibidangnya dan nyaman ketika bekerja.

Nilai kedua bernama integritas tak lain merupakan komitmen total dari Jodjana Jody untuk melayani pelanggan eksternal (konsumen Toyota) dan pelanggan internal (karyawan Auto 2000). Khusus untuk pelanggan internal, integritas diwujudkan melalui demonstrasi karakternya yang kuat dengan basis pada nilai-nilai kemanusian. Hal ini bertautan dengan nilai ketiga, Respect for others. 

Semangat kelompok hanya bisa muncul apabila sesama anggota ada rasa saling menghargai dan menghormati (respek). Respek akan bergulir kencang apabila dimulai dari pemimpin tertingginya. Sang pemimpin tidak membeda-bedakan anak buah hanya karena berbeda keyakinan, suku, asal-usul dan sejenisnya. Kompetensi dan profesionalitas menjadi acuan utama pemimpin dalam mengatur anak buahnya. Respek kepada yang lain ini merupakan penyebab mengapa kekompakan tim bisa terjaga di Auto 2000. Respek kepada yang lain juga menciptakan rasa saling percaya antara pemimpin dan yang dipimpin.

Nilai keempat strive for excellence tak lain berbicara tentang pencapaian. Akan lebih muda menerangkan strive for excellence ini melalui data. Pada penjualan global, 2006 penjualan Toyota di Indonesia berada pada nomor 12 dibandingkan dengan negara lain. Pada 2007 merangkak menjadi nomor 10, mengalahkan Italia dan Inggris.

Empat tahun berikut - pada 2011 - sudah berada pada posisi empat, di bawah Amerika Serikat, Jepang dan China. Pencapaian signifikan ini hanya mungkin diraih apabila perusahaannya juga dipimpin oleh pemimpin yang signifikan. Jodjana Jody membuktikan.

Nilai kelima, teamwork. Alhasil keempat nilai utama Auto 2000 ini akan tercipta dengan cepat jika dilandasi oleh pondasi yang kuat. Pondasi ini bernama kerja sama tim. Sang pemimpin - Jodjana Jody – percaya bahwa tim solid tercipta apabila ada kebersamaan dan keceriaan (suka cita).

Untuk itulah acara-acara kebersamaan, entah dalam bentuk pengembangan pengetahuan (forum pembelajaran bersama) ataupun family gathering rutin diadakan manajemen Auto 2000. Dan kerja sama tim ini akhirnya terwujud dengan nyata ketika para pelanggannya datang ke gerai Auto 2000. Pelanggan akan merasakan pelayanan prima yang diciptakan oleh manusia-manusia Auto 2000.

Jodjana Jody memang pemimpin yang signifikan. Signifikan dalam menunjukkan kinerja dan signifikan dalam mengelola anak buah. Pantas kalau ia diproyeksikan menjadi pemimpin masa depan induk perusahaannya: Astra International. (msb)

*Trainer bisnis. Mitra pengelola LA Learning.

http://www.bisnis.com/articles/kiat-manajemen-pemimpin-signifikan

No comments:

Post a Comment