Thursday, February 2, 2012

Menjual Lebih dengan Banyaknya Variasi

Views :162 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 02 Februari 2012 10:54
menjual0212Orang akan membeli lebih banyak biji jeli ketika ditawarkan berbagai macam warna. Fenomena ini benar-benar terjadi bahkan jika semua warna yang berbeda rasanya persis sama. Setelah meninjau 50 percobaan yang melibatkan lebih dari 5.000 konsumen, peneliti di Universitas Basel Swiss, Universitas Mannheim Jerman, dan Universitas Indiana di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa semakin banyak pilihan untuk calon pembeli hasilnya akan semakin baik.

Ada dua macam lini produk di mana sangat mungkin meningkatkan penjualan ketika Anda menambah variasi.

1. Kategori produk di mana Anda melihat peningkatan dramatis dalam penjualan. Kenaikan ini merupakan tanda bahwa bisnis Anda bisa menjadi tujuan untuk itu. Misal, jika Anda menjual peralatan-peralatan sepak bola, perluas berbagai barang dagangan untuk menarik pembeli.

2. Kategori produk yang berkinerja buruk dalam penjualan kemudian bandingkan dengan apa yang Anda harapkan. Jika Anda punya bukti bahwa pengecer lain yang menjual barang lebih banyak dari yang Anda jual, Anda dapat mempertimbangkan menambah berbagai jenis barang yang dipajang.

Perlu dicatat, Anda tidak cukup hanya menambah varietas barang dagangan semata. Hal yang terpenting ialah Anda memberikan calon konsumen cara yang lebih baik dalam memilah-milah pilihan.

Para peneliti di Universitas Stanford dan Universitas Columbia menemukan bahwa banyaknya kategori akan meningkatkan konsumen untuk memberikan alasan kepada diri mereka sendiri atas pilihan mereka membuat. Untuk makanan dan minuman, kategori dapat dibedakan dengan rasa. Untuk pakaian, kategori dapat dibedakan dengan kesempatan penggunaan seperti untuk ke kantor, pesta, atau rekreasi.

*) Bruce D. Sanders, konsultasi Psikolog RIMtailing, Vacaville, California

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/14839-menjual-lebih-dengan-banyaknya-variasi.html

No comments:

Post a Comment