Views :585 Times |
Senin, 20 Februari 2012 09:38 |
Saat memulai bisnis sendiri, mau tak mau Anda harus bergerak sendiri memasarkan produk. Inilah hambatan terbesar Anda, karena Anda merasa tidak berbakat jadi tenaga marketing. Entah karena malu, kurang bisa meyakinkan calon pembeli, atau jangan-jangan Anda tidak percaya diri bersaing dengan kompetitor yang lebih besar? Saat memutuskan untuk berbisnis, Anda tentu sudah harus mempertimbangkan kompetitor Anda. Bahkan, bila sewaktu-waktu ide bisnis yang murni milik Anda ditiru oleh kompetitor dengan modal yang jauh lebih besar. Namun ada cara untuk lebih pede memasarkan produk Anda yang masih dalam skala kecil. Berikut triknya. 1. Berani keluar dari zona nyaman Sebagai seorang entrepreneur, Anda harus dapat membuat sesuatu yang menarik untuk dijual ke pasar. Terjunlah menjadi penjual. Buat produk yang bagus dan mulailah berjualan. 2. Jangan remehkan bisnis kecil Setiap bisnis dimulai dari hal yang kecil. Ketika Anda memulai suatu bisnis yang baru, bisnis Anda tentu tak bisa bersaing dengan bisnis yang besar. Namun jangan ragu meskipun Anda harus memulainya dari sesuatu yang kecil, yang mungkin dipandang sebelah mata oleh kompetitor. Anda tak perlu meremehkan sesuatu yang kecil atau baru. Sebab, sesuatu yang diremehkan oleh orang, biasanya di situlah ada peluang. 3. Gunakan faktor "kali" Jangan mudah puas dengan satu bisnis saja. Jika sebuah bisnis sudah terbukti menguntungkan, segeralah mengalikan kuantitas dan kapasitasnya. Mengapa Anda harus melakukan hal ini? Sebab jika bisnis Anda sukses, orang lain akan segera meniru langkah Anda. Sebelum bisnis Anda gulung tikar karena kalah dalam segi modal atau eksposnya, Anda harus bergerak cepat dengan mengalikan kapasitas produksi atau menciptakan varian baru. Bisa juga dengan membuka outlet-outlet baru di berbagai daerah yang lain. 4. Berikan nilai tambah pada produk Semua bisnis pasti akan memiliki pesaing. Apabila produk yang Anda jual sama dengan produk-produk yang dijual oleh pesaing Anda, berarti Anda harus memberikan sesuatu yang lebih pada produk Anda. Memberikan nilai lebih berguna untuk menarik konsumen agar terus membeli produk yang kita jual. Selain itu juga agar pelanggan mengenali ciri khas produk Anda, yang tentunya akan meningkatkan ekspos terhadap produk Anda. Hasilnya, produk Anda makin dikenal, dan pelanggan baru pun berdatangan. (*/Kompas Female) |
Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/index.php/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/14566-trik-bersaing-dengan-kompetitor-bermodal-besar.html
No comments:
Post a Comment