Thursday, February 23, 2012

Efisiensi dengan Rapat Berdiri

Hits : 1180 PDF Cetak E-mail
Rabu, 22 Februari 2012 09:43
Pernahkah Anda menjumpai sebuah rapat tanpa kursi, yang dilakukan setiap pagi dan tak boleh bertele-tele? Mungkin jawabannya tidak. Tapi jika Anda seorang karyawan perusahaan pengembangan software “Atomic Object” , mungkin Anda familiar dengan gaya rapat seperti ini.

Meskipun gaya rapat berdiri seperti ini sangat asing bagi banyak orang, ada yang patut kita cermati. Gaya rapat berdiri banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan dengan budaya teknologi tinggi yang bergerak cepat. Posisi duduk di lingkungan budaya ini sering diasosiasikan dengan kemalasan (kecuali mereka harus mengerjakan sesuatu yang penting dengan duduk).

Lalu apa alasan sebenarnya melakukan rapat dengan berdiri? Tujuannya ialah untuk membuat semua peserta rapat lebih berkonsentrasi saat berdiskusi atau mendengarkan pendapat. Dengan berdiri, badan akan ‘dipaksa’ untuk tetap waspada dengan stimulus yang ada di lingkungan sekitar. Peluang untuk tertidur saat rapat juga sama sekali tak ada.

Selain itu, durasi rapat gaya berdiri ini juga tak selama rapat duduk. Hanya dibutuhkan sekitar 5 menit untuk menyelesaikan dengar dan tukar pendapat dalam satu sesi rapat. Sangat efisien waktu bukan?

Michael Marsiglia, wakil presiden Atomic Object beralasan, “Kami menghindari meja dan kursi saat rapat karena pasti peserta rapat akan dengan mudah memainkan laptop mereka”. Setelah rapat berakhir, para karyawan juga bisa sedikit melakukan olahraga peregangan dan melanjutkan pekerjaan mereka.

Sebenarnya, gaya rapat berdiri seperti ini bukan hal yang baru. Dalam sejarah militer, gaya rapat berdiri sudha diterapkan selama Perang Dunia 1 menurut Allen Bluedorn, seorang pengajar mata kuliah bisnis di University of Missouri. Sejumlah perusahaan juga dikabarkan sudah mengadopsi gaya rapat berdiri selama bertahun-tahun.

Keunggulan rapat gaya berdiri yang lain ialah waktunya yang lebih singkat , sekitar ⅓ dari waktu yang biasanya diperlukan saat rapat duduk. Dan hebatnya, pengambilan keputusan sebagai hasil dari rapat juga tidak berbeda jauh. Orang masih bisa berpikir jernih saat mereka berdiri, dalam waktu yang lebih singkat pula.

Bagaimana dengan perusahaan Anda? Berminatkah menerapkan gaya rapat berdiri ini? (*Akhlis)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/183-hrd/14631-efisiensi-dengan-rapat-berdiri.html

No comments:

Post a Comment