Hits : 655 |
Rabu, 29 Februari 2012 11:38 |
Memiliki
sebuah usaha membutuhkan inovasi-inovasi jika tidak mau tergilas oleh
para kompetitor yang mengganas. Untuk itulah Anda harus juga mengikuti
dinamika yang terjadi di pasar agar tak ketinggalan dengan apa yang
dilakukan oleh pesaing dan yang terpenting terus mengetahui apa yang
diinginkan oleh konsumen yang Anda bidik. Kunci utama untuk bisa unggul dalam kompetisi bukan berasal dari dana atau modal yang besar. Tapi lebih pada bagaimana kita bisa mengedepankan keunggulan kompetitif atau competitive advantage. Saat sebuah usaha memiliki keunggulan kompetitif yang kokoh dan tiada duanya, tak mustahil ia akan menjadi pemimpin pasar (market leader). Galilah kelebihan-kelebihan kompetitif yang Anda belum ketahui dengan membandingkan usaha sendiri dengan usaha lain. Fokuslah pada apa yang usaha Anda bisa lakukan tetapi usaha lain tidak bisa. Caranya? Ambillah selembar kertas dan tuliskan apa saja yang menjadi kelebihan kompetitif Anda. Dengan begitu, Anda bisa pelajari apa saja yang seharusnya Anda bisa maksimalkan lebih lanjut untuk memajukan usaha. Misalnya jika Anda memiliki sebuah usaha yang toko kelontong, Anda bisa menuliskan kelebihan-kelebihan kompetitifnya. Kelebihan-kelebihan kompetitif itu bisa berupa lokasi yang dekat dengan konsumen, kepercayaan pelanggan yang sudah baik, luasnya akses dan sebagainya. Intinya adalah bagaimana Anda harus mengenali usaha Anda luar dalam sehingga Anda bisa memaksimalkan potensinya dan juga meminimalkan kelemahannya. |
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/14830-taklukkan-pesaing-dengan-keunggulan-bersaing.html
No comments:
Post a Comment