Saturday, February 18, 2012

Modal Non-Uang untuk Bisnis yang Solid

Views :471 Times PDF Cetak E-mail
Sabtu, 18 Februari 2012 15:34
business-communityApa yang terlintas dalam pikiran Anda saat kata “modal” diucapkan? Uang mungkin adalah salah satu jawaban yang  sering terpikirkan saat topik modal disinggung. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa kata modal itu sendiri tidak melulu  hanya seputar uang.

Pengertian “modal” ada bermacam-macam. Namun secara garis besar ada 4 macam modal yang diperlukan seorang entrepreneur dalam membangun bisnis yang solid.

Modal Ekonomi

Modal ekonomi bisa dibagi dua jenis, yaitu modal dana dan modal fisik. Modal ekonomi yang dipertimbangkan bukan saja yang sudah dimiliki tetapi juga yang masih tersimpan dalam bentuk potensi. Modal ekonomi potensial misalnya dapat diperoleh dari mempunyai modal sosial, di antaranya dengan memanfaatkan jejaring sosial di dalam keluarga, teman, maupun jejaring bisnis. Untuk memulai usaha umumnya modal ekonomi yang digunakan dari dana sendiri, keluarga atau teman dekat.


Modal Sosial

Istilah yang lain untuk merujuk pada modal sosial ialah hubungan, relasi, atau koneksi. Ada tiga jenis hubungan sosial yang perlu diperhatikan secara seimbang, yaitu hubungan dalam jejaring yang tertutup dan erat yang menghasilkan  kepercayaan, hubungan yang longgar yang memberikan akses kepada informasi, kesempatan, dan sumber daya baru, dan hubungan dengan pengambil keputusan di masyarakat. Hubungan jenis yang terakhir dimaksudkan untuk mendapatkan perijinan dan kesempatan untuk memanfaatkan peluang.


Modal Manusia

Yang dimaksud dengan “modal manusia” ialah potensi yang ada pada diri seorang individu dan kelompok orang. Ada yang mengartikan lebih fokus ke modal individual. Modal yang berada dalam diri seseorang manusia tidak memiliki wujud konkret. Ada yang mengelompokkannya menjadi 3 kategori yaitu pengetahuan, ketrampilan dan sikap.

Modal Industri

Istilah ini dapat dirumuskan lebih spesifik menjadi modal tentang pengetahuan atas suatu bidang usaha. Setiap bidang atau jenis usaha memiliki karakteristiknya sendiri, yang berupa peraturan yang tertulis maupun tidak untuk menjadi anggota di bidang usaha tersebut, tingkat kompetisi dan halangan untuk masuk dan keluar dari bidang tersebut.

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/index.php/bina-usaha/52-pembiayaan-/14524-modal-non-uang-untuk-bisnis-yang-solid.html

No comments:

Post a Comment