Friday, February 17, 2012

Tinjaulah Rencana Bisnis Anda


Views :160 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 17 Februari 2012 10:29
bisnis_plan0212Seperti bisnis yang selalu berubah dari waktu ke waktu, rencana pemasaran dan rencana bisnis seharusnya berubah pula mengikuti perkembangan. Tujuan-tujuan bisnis perusahaan Anda idealnya harus direvisi secara berkala karena para pesaing juga terus bertambah unggul, peta bisnis juga terus berubah, dan jajaran produk Anda terus bertambah.

Inilah lima momen penting yang harus Anda manfaatkan sebagai kesempatan emas untuk melakukan tinjauan ulang terhadap seluruh rencana bisnis Anda untuk jangka waktu ke depan seperti kami sadur dari laman entrepreneur.com.

Periode keuangan baru

Apakah itu bulan baru, periode triwulan baru, atau tahun fiskal yang baru, sediakan sedikit waktu untuk mengulas kembali rencana yang sudah Anda susun untuk mengetahui apakah Anda sudah mencapainya atau belum. Bila Anda baru-baru ini mengadakan perubahan terhadap struktur bisnis Anda, pastikan untuk menambahkannya pada rencana Anda.

Perubahan kebutuhan keuangan

Mungkin Anda memutuskan tahun ini bahwa Anda hendak memperluas bisnis untuk mengakomodasi pertambahan permintaan yang masuk. Anda akan membutuhkan bantuan keuangan dari seseorang baik seorang bankir, investor, atau pemegang saham. Sekarang adalah waktu terbaik untuk memperbarui rencana pemasaran dan rencana bisnis Anda sehingga keduanya dapat secara akurat mencerminkan posisi Anda yang terkini.

Pasar yang berubah

Apabila Anda bergerak dalam sebuah industri yang sangat dinamis dan terus menerus berfluktuasi seperti minyak dan gas, Anda harus membuat perubahan lebih sering. Pastikan rencana bisnis Anda juga disesuaikan dengan perubahan yang ada.

Penambahan jajaran produk

Bila Anda menambahkan produk, maka Ana harus buat perubahan atau terapkan teknologi baru untuk menghemat anggaran, hal ini akan mempengaruhi sedikit banyak rencana masa datang Anda.

Telah tercapainya tujuan

Mungkin rencana bisnis Anda mencantumkan tujuan pencapaian pendapatan dan Anda telah melampaui target tersebut periode lalu. Putuskan apa tujuan Anda untuk masa depan dan revisi rencana tersebut dengan berpanduan pada tujuan tersebut.

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/index.php/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/14480-tinjaulah-rencana-bisnis-anda.html

No comments:

Post a Comment