Friday, February 17, 2012

Masa Muda, Saat Ideal Mulai Berbisnis

Views :392 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 17 Februari 2012 11:26
young_ent0211Memulai sebuah bisnis dibutuhkan keberanian. Ketidakpastian selalu membayangi sekecil apapun itu. Banyak orang juga tidak mengetahui kapan waktunya yang tepat agar mereka bisa memulai. Jika Anda kebingungan menentukan momen yang tepat untuk memulai sebuah usaha, tak ada salahnya mempertimbangkan masa muda sebagai awal berbisnis. Mengapa saat Anda masih muda?

Waktu terbaik untuk memulai berbisnis ialah saat Anda masih belia. Makin muda, makin bagus. Meski agak mustahil bagi anak-anak untuk mendirikan bisnis sendiri, setidaknya mereka diperkenalkan dengan prinsip-prinsip positif dari dunia entrepreneurship dan bisnis melalui dunia permainan yang menyenangkan.

Bagi remaja atau dewasa muda, memulai bisnis adalah suatu tantangan yang bisa menjawab kehausan akan prestasi dan pembuktian diri kepada orang-orang terdekat dan lingkungan Anda bahwa Anda bisa Mandiri dan berkontribusi secara positif pada perbaikan kualitas hidup manusia meski dalam skala yang relatif kecil.

Masa muda ialah gabungan ketidaktahuan dan kepolosan yang sempurna. Keputusan-keputusan ‘bodoh’ dan reaktif bisa dianggap sebagai sarana untuk menimba pengalaman. Jarang sekali orang akan mencela secara berlebihan seorang entrepreneur muda yang melakukan kesalahan. Kesalahan itu bisa dimaklumi karena minimnya pengalaman. Setidaknya Anda sudah menghabiskan waktu dan tenaga untuk sesuatu yang bermanfaat tak hanya bagi diri sendiri tetapi juga orang lain di sekitar Anda. Mungkin akan ada kerugian yang harus ditanggung, tetapi itulah sisi kelam entrepreneurship yang harus dihayati agar makin waspada dna cerdas di masa datang.

Blogger tersohor Michael Arrington mengingat sebuah percakapan dengan venture capitalist tahun lalu, “Entrepreneur itu seperti pemain bola basket profesional. Mereka biasanya berada di puncak saat usia 25 tahun, saat memasuki usia 30 tahun mereka akan meredup.”

Kita mungkin kurang setuju dengan pernyataan Arrington di atas. Namun, ada benarnya juga bahwa seseorang yang muda, kreatif, dan bersemangat dalam setiap langkahnya akan lebih mudah untuk mendedikasikan kehidupannya dalam pendirian sebuah bisnis.

Banyak entrepreneur sukses yang dahulu saat muda mendirikan bisnis dengan hanya berbekal waktu dan passion yang tinggi. Keduanya merupakan modal utama yang bisa difokuskan untuk menghasilkan uang, atau bersenang-senang menikmati masa muda.

Tetapi dengan memulai sebuah bisnis di usia muda, sebenarnya kita bisa mendapatkan kedua tujuan itu (hasilkan uang dan bersenang-senang) sekaligus. Sebagian entrepreneur menemukan jodohnya saat mereka sibuk mendirikan bisnis pertamanya.

Jarang kita temui seorang entrepreneur yang berkata dengan sedih, “Saya menyesal sudah memulai sedemikian muda dahulu.” Dunia ini penuh dengan penyesalan dan salah satu penyesalan terbesar yang dimiliki oleh seorang entrepreneur ialah karena mereka tidak memulai lebih awal. (*/Akhlis)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/index.php/component/content/article/47-memulai-bisnis/14484-masa-muda-masa-ideal-mulai-berbisnis.html

No comments:

Post a Comment