Friday, February 3, 2012

Menciptakan Kesan Positif Melalui Logo


Views :659 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 03 Februari 2012 15:13
Mengelola bisnis butuh strategi marketing agar baik usaha ataupun produk Anda dikenal konsumen dan klien potensial lainnya. Menciptakan logo merupakan cara mudah untuk membuat konsumen serta klien senantiasa ingat serta sadar akan keberadaan bisnis Anda. Kesan positif dari khalayak luas juga bisa timbul dari logo yang terlihat bagus dan menarik.

creating-logo-designHal terpenting yang perlu diingat ketika menciptakan logo adalah membuatnya sesederhana mungkin sehingga bisa dengan mudah dikenali dan diingat konsumen serta klien. Anda tentu ingin agar konsumen dan klien bisa dengan sigap dan juga cepat menyadari keberadaan bisnis serta produk Anda hanya dengan melihat logo usaha Anda saja, bukan.

Nah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda berkeinginan menciptakan logo bagi perusahaan atau bagi bisnis yang sedang Anda rintis.

Pertama, lakukan riset mengenai logo perusahaan yang miliki bidang sama dengan Anda.
Hal ini bertujuan menghindari penggunaan logo yang sama atau tuduhan duplikasi terhadap logo yang Anda buat dari kompetitor.

Kedua, merefleksikan esensi perusahaan Anda.
Logo yang bagus adalah logo yang bila orang melihatnya akan segera mengingat perusahaan atau jenis usaha Anda. Gunakan gambar yang merepresentasikan bidang atau jenis usaha yang Anda kelola, misalkan pensil bagi bisnis yang bergerak di bidang tulis menulis atau hewan bagi bisnis jasa perawatan atau penyedia makanan untuk hewab. Gunakan inisial perusahaan Anda sebagai logo bila gambar tidak memungkinkan atau tidak cocok.

Ketiga, gunakan bentuk huruf yang mudah dibaca.
Bagaimanapun bentuk logo Anda bila logo itu terdiri dari inisial perusahaan atau sebuah kata, pastikan bentuk hurufnya mudah dikenali dan mudah dibaca. Ini bukan berarti Anda tak boleh memakai font unik. Agar Anda puas dengan logo bisnis Anda, buatlah sampel sebanyak-banyaknya pilih yang terbaik. Cek logo Anda dalam berbagai ukuran untuk memastikan bila dicetak dalam berbagai ukuran tidak memengaruhi bentuk serta tetap bisa terbaca.

Keempat, gunakan tinta hitam dan putih.
Warna logo harus eye-catching dan menarik. Meski tercetak berwarna, pastikan logo Anda juga tetap menarik dengan warna hitam putih. Mengapa harus begitu? Sebab biasanya untuk urusan dokumen bisnis, logo Anda kemungkinan akan sering terlihat hitam putih.

Kelima, ciptakan sendiri atau minta bantuan pihak yang ahli di bidangnya untuk membuat logo.
Menggunakan clip art gratis yang banyak tersedia di internet memang praktis tapi perlu diingat cara itu tidak membuat logo Anda terlhat eksklusif. Akan lebih baik bila Anda membuatnya sendiri atau meminta bantuan konsultan sehingga logo benar-benar bisa merepresentasikan bisnis atau perusahaan Anda.

Keenam, buat sesederhana mungkin.
Secara umum, masyarakat bisa dengan mudah dan cepat mengenali logo bila logo itu terlihat sederhana di mata mereka dibanding logo yang terlihat rumit. Logo yang sederhana bukan berarti tidak eksklusif, logo Apple misalnya, sederhana namun eksklusif dan orang-orang pun mudah mengingatnya.

Ketujuh, rancang logo yang bisa bertahan terhadap perkembangan zaman dan waktu.
Banyak perusahaan yang terkadang mengganti logo mereka. Tapi perlu diingat mengganti logo, entah itu jarang atau sering, selain memakan biaya juga akan membuat konsumen bingung dan bosan sehingga mereka pada akhirnya tidak lagi menunjukkan ketertarikkan terhadap logo tersebut. Karenanya, rancang logo yang benar-benar mencerminkan usaha Anda dan takkan lekang oleh zaman atau waktu.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/14881-ciptakan-kesan-pertama-yang-positif-melalui-logo.html

No comments:

Post a Comment