Tuesday, February 7, 2012

6 Langkah Membuka Waralaba

6 Langkah Membuka Waralaba Views :238 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 07 Februari 2012 08:39
CE-logoDari tahun ke tahun bisnis waralaba semakin menjamur. Menurut data Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), jumlah waralaba di tahun 2010 mencapai 1.300 merek dengan tak kurang dari 3.000 unit gerai. Dari jumlah ini perputaran uang yang ada sekitar Rp 114 triliun. Angka itu meningkat signifikan di tahun 2011 dengan 1.700 merek, 36.000 gerai, dan perputaran uang Rp 214 triliun.

Namun bukanlah hal mudah bagi pemilik waralaba atau franchisor dalam memperoleh kepercayaan dari calon franchisee untuk membeli lisensinya. Diperlukan persiapan matang dan lengkap sebelum franchisor dapat memasarkan bisnisnya kepada calon pemodal. Apa sajakah hal yang harus dilakukan oleh seseorang agar dapat memenuhi syarat sebagai franchisor yang tangguh?

Konsep yang matang

Buatlah sebuah konsep bisnis waralaba yang dapat menarik minat dari calon mitra, konsep bisnis inilah senjata utama dalam membangun sebuah bisnis waralaba. Sebuah produk usaha tidak bisa begitu saja diwaralabakan. Bisnis ini memerlukan bukti ketangguhan di lapangan. Diperlukan waktu sampai calon mitra melihat kesuksesan bisnis tersebut. Konsep bisnis ini meliputi program promosi dan keuntungan yang didapat.

Bentuk tim waralaba

Bentuklah sebuah tim yang dapat membantu kita dalam membangun bisnis waralaba ini, baik dalam segi strategi bisnis, hukum serta etika franchise. Tim inilah juga yang nantinya membentuk format mengenai dukungan yang dapat diberikan kepada franchisee dalam mengatasi masalah yang mucul di lapangan. Hal ini jugalah yang dapat kita jual kepada calon franchisee sebagai daya tarik franchise kita.

Buat produk seunik mungkin

Persaingan waralaba yang semakin ketat mengharuskan para pengusaha untuk berinovasi. Buat keunikan dari barang atau jasa yang akan dijual, karena hal inilah yang dapat menentukan laku atau tidaknya barang atau jasa yang kita jual kepada konsumen, dan juga memudahkan kita untuk melakukan penetrasi pasar dalam persaingan dengan perusahaan lain yang sejenis.

Buat paket-paket yang menarik

Susunlah secara menarik paket-paket waralaba yang dapat dipilih oleh calon pembeli merek. Semakin banyak paket yang ditawarkan, calon franchisee pun semakin mudah memilih franchise kita sesuai dengan kemampuannnya. Paket-paket ini dapat dibedakan dari harga, dukungan fasilitas yang diperoleh.

Konsultasi

Berkonsultasilah dengan pihak yang sudah berpengalaman di bidang bisnis waralaba atau konsultan untuk memastikan legalitas usaha. Ketahuilah dasar-dasar waralaba dan peraturan-peraturannya.

Kenalkan dan jual

Setelah semua matang, mulailah lakukan pengenalan dan pemasaran merek dan sistem kita kepada konsumen dan calon franchisee. Saat ini banyak pameran waralaba yang digelar di kota-kota besar, berpartisipasilah dalam pameran tersebut.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/180-waralaba/14974-6-langkah-membuka-waralaba.html

No comments:

Post a Comment