Wednesday, February 8, 2012

Pemilik Usaha Rintisan Pun Bisa Bersenang-senang

Views :271 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 07 Februari 2012 17:28
startup_professionalsMembangun sebuah usaha rintisan bukan untuk para pemalas. Anda harus rela bekerja banting tulang dengan ‘upah’ yang rendah dan bahkan tak pasti. Risikonya begitu tinggi dan Anda harus memikul tanggung jawab yang besar. Walaupun demikian, banyak entrepreneur yang merasa menjadi orang paling bahagia di dunia ini.

Di sisi lain, kita tahu banyak orang yang kurang gembira yang selalu menghabiskan waktu untuk berpesta pora, tanpa komitmen mengikat apapun dalam hidupnya, dan memikul tanggung jawab seperlunya. Mungkin ini bukanlah satu jenis kehidupan yang membuat orang terinspirasi.

Menurut Brian Tracy, dalam bukunya “The Power of Self-Discipline” , kebahagiaan bahkan bukanlah suatu tujuan yang bisa kita capai dan raih di akhir sebuah perjalanan. Kebahagiaan lebih merupakan sebuah hasil sampingan yang datang saat Anda terlibat dalam setiap aktivitas yang Anda cintai dengan dikelilingi orang-orang yang menyukai dan menghormati Anda. Ia mendefinisikan 5 komponen utama kebahagiaan yang setiap entrepreneur dan setiap orang yang memiliki potensi harus mengevaluasi menurut situasi mereka masing-masing:
  1. Hubungan yang bahagia. Sebanyak 85% dari kebahagiaan (atau ketidakbahagiaan) Anda berasal dari hubungan Anda dengan orang lain. Bagi entrepreneur tetapi itu juga masih akan melibatkan pasangan, anak-anak dan teman-teman.
  2. Pekerjaan yang bermakna. Anda harus melakukan hal-hal yang Anda sukai dan memberikan Anda sebuah kepuasan dan kontribusi positif untuk masyarakat luas. Penelitian menunjukkan bahwa ada 3 faktor bisnis yang paling memotivasi , yakni pekerjaan yang menantang, peluang untuk tumbuh, dan rekan kerja yang menyenangkan.
  3. Kemandirian keuangan. Orang paling bahagia ialah orang yang sudah mencapai titik di mana mereka tak lagi cemas dengan uang. Bukan berarti mereka hanya punya sedikit uang tetapi mereka memiliki cukup uang sehingga mereka tak takut harus terlunta-lunta di jalanan atau menggantungkan hidupnya pada orang lain.
  4. Kesehatan dan energi. Saat Anda menikmati badan yang sehat dan energi yang tak ada habisnya dalam diri Anda, Anda bisa terus merasakan kebahagiaan. Bagi banyak orang, kesehatan hanyalah sebuah kebutuhan yang diperlukan saat ia hilang. Mereka cenderung menganggapnya penting saat sudah kehilangan kesehatan.
  5. Aktualisasi diri. Inilah unsur terbesar, pemikiran bahwa Anda bisa menjadi siapapun yang Anda mau jika tekad ada dalam diri Anda. Sebelum hal ini terjadi, Anda harus pertama kali merasa bahwa semua kebutuhan sudah terpenuhi dan Anda sudah memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/15008-pemilik-usaha-rintisan-pun-bisa-bersenang-senang.html

No comments:

Post a Comment