Thursday, February 9, 2012

3 Hal Patut Dihindari Saat Menyusun Business Plan

Views :338 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 09 Februari 2012 09:00
business-planningBusiness plan merupakan salah satu faktor penting bagi pelaku bisnis terutama oleh mereka para pemain baru di dunia entrepreneurship. Nah, ada tiga hal yang patut dihindari saat menyusun business plan.

#1. Mengabaikan kebutuhan pembaca
Selain sebagai acuan dalam merintis bisnis, perencanaan bisnis juga terkadang disusun untuk mencari angel investor yang bersedia mendanai bisnis Anda. Karena itu penting diingat dalam penyusunannya, Anda tak hanya harus mengetahui apa yang ingin dicari pembaca business plan Anda tapi juga harus menuliskan secara terperinci kebutuhan mereka. Jika pembaca melihat lubang dalam perencanaan bisnis Anda, ketidakpuasan akan terpancar dan berdampak negatif pada bisnis yang ingin Anda rintis.

#2. Menulis terlebih dahulu, baru ajukan pertanyaan
Sebelum menyiapkan alat tulis dan kertas untuk menyusun business plan Anda, ada baiknya bertanya pada diri sendiri sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan usaha Anda. Misalnya, mengapa Anda penuh percaya diri untuk merintis usaha, apakah tim Anda cukup berkualitas untuk membantu Anda mengelola bisnis, bagaimana Anda membuat operasional pengelolaan bisnis bisa selalu berjalan secara efisien setiap saat dan pertanyaan lainnya.

Setelah ajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda tentu harus menguraikan pula jawaban terbaik untuk dijadikan bahan dalam penyusunan business plan.

#3. Menjadi segalanya bagi semua orang
Menyusun perencanaan yang berkaitan dengan target market yang luas serta keinginan meraih penjualan dalam skala besar memang terkesan fantatis namun merilis bisnis baru dengan strategi seperti itu sangatlah sulit.

Dengan mencantumkan jenis produk yang spesifik dengan segmen pasar yang juga spesifik, akan menunjukkan kepada pembaca bahwa Anda telah melakukan survei pasar dan membuat keputusan penting mengenai ke mana produk Anda akan memeroleh dampak yang besar. Biasanya, pembaca lebih suka melihat ketegasan Anda sebagai seorang pemimpin dibanding perencanaan yang tujuannya terlihat samar. (*/dari berbagai sumber)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/15041-3-hal-patut-dihindari-saat-menyusun-business-plan.html

No comments:

Post a Comment