Wednesday, February 8, 2012

Raup Untung dari Menulis Online

Views :244 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 08 Februari 2012 09:06
Perkembangan media sosial sudah sedemikian pesat. Mulai dari blog pribadi sampai portal berita. Bagi yang hobi menulis, Anda bisa menyalurkannya di blog pribadi atau berpartisipasi dalam portal berita. Banyak situs berita online yang menyediakan kanal khusus dengan label citizen jurnalism alias jurnalisme warga yang dapat Anda manfaatkan.

menulis0212Menjadi penulis di media sosial tak hanya bermanfaat bagi Anda. Dengan menyebarkan wawasan, orang lain bisa tercerahkan. Dari kegiatan itu siapa tahu ada media konvensional yang tertarik dengan gaya tulisan dan ide-ide Anda lalu merekrut menjadi kontributor.

Kalaupun tak ada yang merektrut jadi kontributor, Anda bisa memperoleh pendapatan dari tulisan-tulisan Anda yang diterbitkan menjadi sebuah buku.

Sebut saja Raditya Dika, setidaknya ia telah menelurkan 8 buku yang merupakan kumpulan tulisan dari blog-nya. Dan saat ini Dika tidak hanya dikenal sebagai penulis, tapi juga ia sudah kesohor menjadi artis.

Kumpulkan semua tulisan Anda, pilihlah yang pantas menjadi sebuah buku lalu tawarkan kepada penerbit. Pelajari prosedur dan tata caranya. Setelah itu tunggulah jawaban dari penerbit. Syukur-syukur kalau langsung memperoleh kontrak.

Kalau Anda ragu degan kemampuan menulis, Anda dapat memanfaatkan situs online seperti nulisbuku.com untuk melatih kemampuan menulis Anda. Dari situ Anda bisa mendapatkan banyak masukan dari anggota lainnya.

Jika Anda berniat menulis buku, tulislah artikel-atilkel yang bisa dibaca sepanjang masa. Misalnya artikel perjalanan wisata atau artikel tips. Di beberapa media online juga memiliki blog khusus untuk masyarakat. Anda dapat memanfaatkan blog ini untuk memperkenalkan tulisan Anda kepada penerbit. (*/dari berbagari sumber)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/48-peluang-/15012-raup-untung-dari-menulis-online.html

No comments:

Post a Comment