Friday, July 8, 2011

7 Poin Penting Dalam Strategi Pemasaran Melalui Ponsel

Views :842 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 08 Juli 2011 10:46
Pengguna ponsel dari tahun ke tahun semakin bertambah. Hal ini patut dicermati sebagai potensi untuk memasarkan produk atau jasa usaha Anda. Nah sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan agar upaya tersebut berjalan sesuai harapan.

pemasaran-ponselBerikut 7 poin yang patut diperhatikan dalam melancarkan strategi pemasaran di ponsel menurut Dr. KF Lai, CEO BuzzCity, seperti yang dikutip dari Detikinet, Jumat (8/7) :

1. Sasaran pengguna
Target pengguna didominasi oleh pria, 86% di antaranya berumur antara 18-45 tahun dan bukan remaja. Mereka mengerti menggunakan media digital dan masuk ke dalam segala bentuk kebudayaan yang populer -- TV, musik, film dan fashion.

Mereka adalah seorang dewasa yang sedang menghadapi berbagai tahapan kehidupan yang krusial dari pergantian pekerjaan, membeli mobil pribadi, sampai memulai sebuah keluarga baru.

2. Pengalaman pengguna
Pengalaman pengguna sangat penting. Mereka dalam berbagai keadaan saat menggunakan ponselnya seperti saat sedang menunggu (menghabiskan waktu/browsing), saat melakukan perjalanan (mencari hiburan), saat berkomunikasi (chatting atau berinteraksi lewat sosial media), atau pada saat mereka mencari sesuatu (peta, referensi, nomor telepon, data kontak, dll).

3. Skala
Pada kuartal pertama 2011, terdapat lebih dari 23 miliar banner iklan sudah ditayangkan melalui seluruh jaringan BuzzCity. Klien dapat berdiskusi dengan planner kampanye BuzzCity untuk mendapatkan informasi dan merencanakan budget secara efektif untuk strategi marketing mobile mereka.

4. Intergrasi antar kampanye akan menghasilkan lebih
Sebuah ponsel selalu ada di tangan penggunanya dan selalu dalam keadaan hidup. Karena itu sangat penting sekali untuk memberikan prioritas lebih dalam sebuah kampanye dari hari pertama kepada iklan via ponsel.

5. Tes, tes, dan tes
Sangat baik sekali untuk mencoba beberapa versi banner iklan untuk memastikan pesan mana yang terbaik yang direspon pasar. Saran dari Dr. Lai, agar semua pengiklan tidak terpaku hanya pada satu versi materi kreatif.

Adalah hal yang baik untuk menjalankan beberapa versi kampanye, karena itu tidak akan mempengaruhi biaya media dimana pengiklan tetap dapat menentukan batasan iklan per hari.

6. Gunakan keduanya: banner dan iklan teks
Saat pengiklan memulai salah satu iklan teks atau banner grafis, mereka mengurangi potensi jangkauan sampai setengahnya. Ini waktunya untuk menggandakan ekspos dengan menggunakan keduanya, banner dan iklan teks.

7. Analisis
Suatu hal yang sangat penting bagi pengiklan untuk memahami bagaimana kampanye mereka sudah dilakukan serta bagaimana mereka dapat mengoptimalkan kampanye tersebut untuk kesuksesan di masa depan.

credit image: AP

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/9570-7-poin-penting-dalam-strategi-pemasaran-melalui-ponsel.html

No comments:

Post a Comment