Sunday, July 24, 2011

Peduli Terhadap Brand Image

Peduli Terhadap Brand Image PDF Cetak E-mail
Sabtu, 23 Juli 2011 07:56
Banyak orang memahami sebuah brand hanya sebatas simbol yang terdiri atas beberapa elemen bentuk dan warna, dapat berupa logogram ataupun logotype.

Namun, jika kita mau mengamati lebih jauh, sebenarnya brand memiliki nilai bersifat emosional (intangible) yang jauh lebih besar dari sekadar bentuk atau tempelan yang digunakan sebagai hiasan sebuah produk. Ada begitu banyak ragam produk di pasaran.

brand098Terkadang brand yang satu dengan yang lain mengeluarkan jenis produk yang sama atau memiliki kemiripan. Akhirnya yang membedakan mereka adalah bagaimana setiap brand tersebut memiliki citra tersendiri yang terbangun di benak masyarakat, dan membangun loyalitas.

Untuk menciptakan citra brand tersebut, pemilik perusahaan harus bisa mengorelasikan nilai-nilai yang dijiwai dalam perusahaan. Ini tidak hanya melalui tampilan visual, tapi juga melalui perilaku yang ditampilkan di setiap titik interaksi.

Dengan demikian, perusahaan itu dapat mengomunikasikan citra brand mereka dengan lebih mudah kepada masyarakat sebagai akibat dari pengalaman brand yang total. Melalui proses inilah, masyarakat akan memahami informasi ataupun kampanye yang disampaikan.

Dengan demikian, terciptalah suatu gambaran di dalam benak mereka masing-masing terhadap produk ataupun jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut. Inilah yang dapat kita sebut sebagai proses pembangunan brand image.

Kita dapat melihat contohnya dalam kehidupan seharihari. Saat konsumen pergi ke supermarket terdekat untuk membeli produk seperti sabun pembersih wajah saja, mereka akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan. Namun, akhirnya konsumen itu dapat memilih produk yang tepat (menurut pemikiran mereka) karena di dalam benak telah tertanam persepsi mengenai produk tersebut.

Jika dikaji lebih jauh, perilaku konsumen pada umumnya ada di awal interaksi. Hal yang lebih dulu terlihat oleh konsumen saat akan membeli produk adalah tampilan visualnya. Konsumen melihat dan memperhatikan berbagai macam aspek mencakup brandmark, warna, tulisan, gambar, dan informasi dari produk tersebut.

Dari beberapa elemen grafis tersebut, terciptalah salah satu proses penanaman brand image produk dari segi visual. Ini memperlihatkan bahwa desain juga memegang peranan penting dalam membantu menyampaikan pesan.

Apabila ingin membentuk citra produk yang terlihat cantik, sudah pasti kita akan menggunakan warna-warna yang sesuai kepribadian dan menarik, dengan elemen grafis yang elegan, pemakaian huruf yang terlihat indah, dan didukung komunikasi berupa tagline yang sesuai dengan karakter brand tersebut. Semua elemen desain ini harus aplikatif dan tidak berdiri sendiri.

Karena itu, dapatlah kita simpulkan bahwa pembangunan brand image tidak terbatas pada desain kemasan atau visual, tapi mencakup semua media komunikasi seperti media cetak, online, televisi, maupun radio, serta cara staf Anda berperilaku sesuai karakter brand tersebut.

Dari segi visual sendiri, begitu banyak elemen yang perlu dipertimbangkan agar dapat memberi arah pada persepsi yang ingin Anda bangun. Pada sabun LUX, contohnya, yang tidak hanya terlihat dari desain kemasan yang feminin, tapi juga menampilkan imej figur wanita yang berpenampilan menarik serta memiliki inner beauty.

Pemilihan pemakaian warna seperti pink, merah, dan oranye yang dikombinasikan dengan elemen grafis yang menampilkan sisi kelembutan, serta diperkuat dengan karakteristik  pemilihan font pada brandmark LUX sendiri yang glamour, feminin, dan lembut.

Sebaliknya, apabila kita ingin memperlihatkan brand image yang terlihat maskulin, pasti kita akan menggunakan elemen grafis yang terlihat sharp, frontal, dan berani. Didukung pemakaian citra serta font yang kuat. Salah satu contohnya bisa kita lihat pada produk Castrol, dengan kemasan yang terlihat maskulin, elemen grafis yang tegas. Brandmark Castrol menggunakan font yang memperlihatkan kesan kecepatan dan tangguh.

Dari contoh-contoh di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa brand image merupakan salah satu elemen penting dalam mendukung keberhasilan sebuah brand. Sebab, brand image dapat menciptakan diferensiasi dan keunikan yang membedakan produk satu dengan lainnya.

Di dalam proses pembangunannya, desain juga memiliki peranan penting sebagai pedoman agar brand image dapat tersampaikan dengan baik secara visual dan dipahami target pasar yang dituju sesuai strategi bisnis Anda.

*) Disarikan dari artikel Daniel Surya, Chairman South East Asia DM IDHOLLAND, Kirana Nathalia dan Dessy Natalia, Brand Designer DM IDHOLLAND yang dimuat di Koran Sindo http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/9935-peduli-terhadap-brand-image.html
 

No comments:

Post a Comment