Thursday, July 14, 2011

Menangkap Peluang Bisnis Perlengkapan Bayi


Menangkap Peluang Bisnis Perlengkapan Bayi PDF Cetak E-mail
Rabu, 13 Juli 2011 12:00
Kehadiran bayi mungil merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para orangtua, terutama bagi mereka yang baru membina mahligai pernikahan. Rasa bahagia akan kehadiran si buah hati itu lantas dieskpresikan para orangtua dengan menyediakan segenap perlengkapan yang dibutuhkannya. Secara tak langsung, momen ini juga membuka peluang bisnis perlengkapan bayi.

baby_stuffPepatah mengatakan, anak adalah rejeki. Ungkapan itu tepat adanya. Kehadiran nafas baru di dunia memang tak hanya mendatangkan rejeki bagi orangtuanya namun juga bagi orang lain. Rejeki yang bisa ditangkap dari kehadiran buah hati adalah perlengkapan bayi. Bisnis ini dinilai sangat menggiurkan mengingat para orangtua, khususnya mereka yang baru pertama kali menanti si kecil, sering kali bersifat konsumtif. Sebagai luapan rasa bahagianya, para orangtua ini seakan tak ragu untuk membelikan segala macam kebutuhan bayinya.

Banyak potensi yang bisa digali dari bisnis perlengkapan bayi. Itu karena barang kebutuhan si kecil memang sangat beragam, mulai dari kebutuhan primer yang meliputi pakaian, sampo, sabun, popok, kaos kaki, sepatu, dll. Lalu perlengkapan untuk kebutuhan sekundernya semisal kereta dorong bayi, baby walker, boks bayi, dll. Hingga perlengkapan untuk merangsang kecerdasan bayi seperti aneka macam mainan edukatif, dll. Serangkaian perlengkapan bayi tersebut bisa mendatangkan untung bagi pelaku bisnis dengan cara berperan sebagai produsen, penjual atau reseller.

Bagi Anda yang tertantang untuk menjadi produsen perlengkapan bayi hendaknya memperhatikan beberapa hal berikut :
  1. Bahan baku produk harus aman dan jauh dari bahan kimia berbahaya. Saat menciptakan sebuah produk ada baiknya Anda membayangkan bahwa produk itu ditujukan untuk buah hati Anda sendiri sehingga hasilnya selain berkualitas dan aman tapi juga mampu merepresentasikan rasa cinta terhadap si kecil.
  2. Maksimalkan daya kreatifitas Anda agar produk perlengkapan bayi ciptaan Anda bisa bersaing dengan produk dari corporate besar yang diciptakan dalam jumlah besar.
  3. Ikuti terus tren yang sedang berlangsung. Karena konsumen dalam bisnis ini adalah para orangtua, Anda harus bisa membaca prilaku serta keinginan konsumen. Bila memungkinkan lakukanlah market research.

Bagi yang ingin berperan sebagai penjual atau reseller, Anda bisa :
  1. Melakukan penjualan secara online dan offline. Buatlah desain yang sangat menarik untuk menghiasi toko online ataupun offline Anda agar konsumen tertarik mengunjungi toko Anda.
  2. Buatlah promosi produk semenarik mungkin misalnya dengan menawarkan paket baby gifts yang berisi paket perlengkapan bayi dengan harga terjangkau, dll.
Sumber :
http://ciputraentrepreneurship.com/kembangkan-uang-anda/9683-menangkap-peluang-bisnis-perlengkapan-bayi.html

No comments:

Post a Comment