Tuesday, May 31, 2011

Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Kuliner


PDF Cetak E-mail
Senin, 30 Mei 2011 16:53
usaha_kuliner98Bisnis kuliner terbukti masih merajai pasar, dan masih menjadi pilihan utama entrerpeneur pemula. Jika Anda berminat mencoba bisnis di bidang kuliner, sebaiknya pahami lebih dahulu lima faktor yang menentukan keberhasilan usaha makanan. Berikut faktor keberhasilan berbisnis kuliner:

1. Kualitas makanan

Hal ini berkaitan dengan rasa dan bahan baku makanan. Selain enak, makanan yang ingin Anda sajikan juga harus aman dikonsumsi bagi kesehatan.

2. Tempat

Selain strategis, Anda perlu mempertimbangkan target konsumen yang dituju.

3. Persepsi

Hal ini berkaitan dengan simbol atau ciri yang digunakan dalam eksterior dan interior, kemasan makanan, dan pelayanan terhadap konsumen. Cara ini akan memudahkan orang mengingat dan datang kembali.

4. Promosi

Selain lewat internet, brosur, papan iklan, ada cara promosi lain yang lebih jitu. Promosi dari mulut ke mulut lebih jitu menarik pasar. Karenanya, pebisnis kuliner perlu menjaga kualitas makanan dan pelayanan. Masyarakat cenderung lebih memercayai kualitas yang diakui oleh pelanggannya.

5. Standar Operational Procedure (SOP)

SOP mencakup faktor pelayanan, menu dan penyajian. Sebaiknya ketiga faktor ini disesuaikan dengan standar yang berlaku. (*/Kompas)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/8608-faktor-penentu-keberhasilan-usaha-kuliner.html

No comments:

Post a Comment