Friday, January 11, 2013

3 Cara Memilih Karyawan versi Peter Drucker


Hits : 706 PDF Cetak E-mail
Selasa, 01 Januari 2013 10:26
workers

Pemikiran Peter Drucker sebagai pakar manajemen bisnis dunia tetap diakui meski ia telah wafat tahun 2005 lalu. Di antara banyak buah pemikiran Drucker ialah 3 kiat utama berikut ini yang ia tujukan bagi para pemilik bisnis, entrepreneur, dan manajer serta mereka yang berkepentingan dalam manajemen sebuah perusahaan untuk lebih menekan tingkat kegagalan akibat kecerobohan memilih orang-orang yang kurang kompeten. Untuk mencapai hal tersebut, pelaksana perekrutan staf harus mengutamakan aspek penguatan perusahaan melalui pemilihan karyawan yang berkualitas.

Drucker mengemukakan 3 cara utama memilih karyawan yang pada gilirannya akan memberikan lebih banyak manfaat bagi perusahaan dalam jangka panjang:

  1. Pikirkanlah persyaratan untuk posisi pekerjaan yang sesuai, pantas serta benar-benar relevan dan bemanfaat dalam penyelesaian pekerjaan yang dibebankan. Fokuskan persyaratan pada poin-poin penting. Jika Anda ingin mendapatkan katakanlah seorang desainer pakaian yang mumpuni, fokuskan persyaratan pada kemampuan dan bakat menghasilkan desain yang diinginkan, bukan pada faktor latar belakang pendidikan, usia, dan sebagainya.
  2. Pilihlah 3-4 kandidat untuk setiap posisi pekerjaan, daripada terburu-buru memilih satu. Terlalu gegabah dalam membuat keputusan untuk merekrut seorang kandidat menjadi pegawai kita akan berujung pada penyesalan di kemudian hari,  
  3. Hindari memilih tanpa membicarakannya dengan sejumlah kolega/ rekan  kerja yang sudah berpengalaman. Dalam sebuah perusahaan, transparansi harus diutamakan. Jika keputusan hanya dicapai tanpa melalui diskusi dan masukan serta pertimbangan dari beberapa pihak lain, biasanya akan lebih sukar untuk mengetahui sisi pribadi calon karyawan secara lebih menyeluruh. Jangan lupa bahwa ia akan menjadi bagian dari perusahaan. Ketahui secara garis besar karaternya. Pastikan sesuai dengan budaya perusahaan yang sudah ditegakkan.(*AP)

    http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/21936-3-cara-memilih-karyawan-versi-peter-drucker.html

No comments:

Post a Comment