Thursday, June 2, 2011

3 Hal yang Harus Dihindari dalam Riset Pasar

PDF Cetak E-mail
Rabu, 01 Juni 2011 07:20
riset_pasarBanyak pemilik bisnis baru yang sering terjerat keterbatasan waktu dan uang mengambil jalan pintas yang merugikan dirinya sendiri di kemudian hari dengan melaksanakan sebuah riset pasar yang serampangan.

Berikut adalah beberapa akibat buruk yang bisa Anda tuai jika melaksanakan sebuah riset pasar yang tidak akurat dan asal-asalan.

1. Menggunakan riset sekunder saja
Mengandalkan hasil penelitian lainnya tidak akan memberikan gambaran yang akurat tentang keadaan yang bisnis Anda sedang hadapi. Tentu Anda bisa mengandalkan hasil penelitian lainnya hingga taraf tertentu tetapi informasi yang Anda dapatkan dari riset sekunder bisa saja sudah usang jika diterapkan pada usaha Anda sekarang ini. Anda bisa melewatkan faktor-faktor yang relevan dengan bisnis Anda.

2. Hanya mengandalkan internet
Saat Anda menggunakan mesin pencarian di internet untuk mengumpulkan informasi, Anda hanya akan mendapatkan data yang tersedia bagi siapa saja yang bisa mengakses internet dan bisa saja informasi yang Anda peroleh itu tidak begitu akurat. Untuk melakukan pencarian yang lebih intensif tanpa harus menghabiskan dana yang besar, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan perpustakaan umum, perpustakaan kampus atau instansi/ organisasi yang menyediakan bantuan bagi para pengusaha kecil di sekitar Anda.

3. Melakukan survei hanya terhadap orang-orang yang dikenal
Pemilik bisnis kecil terkadang mewawancarai anggota keluarga yang mereka kenal dan teman-teman dekat saat melaksanakan penelitian, tetapi sayangnya teman dan keluarga bukanlah subjek survei yang terbaik. Untukmendapatkan informasi yang akurat dan bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda harus berbicara dengan para konsumen yang nyata di lapangan tentang kebutuhan, keinginan dan harapan mereka. (*/Akhlis)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/amankan-bisnis/8632-3-hal-yang-harus-dihindari-dalam-riset-pasar.html

No comments:

Post a Comment