Friday, June 24, 2011

BaliWein, Wine Rasa Buah

BaliWein, Wine Rasa Buah PDF Cetak E-mail
Kamis, 24 Juni 2010 09:51
bali_wineUmumnya, pisang, mangga, dan jambu mede hanya dibuat menjadi rujak. Namun, di tangan Gek Ayu, buah-buahan negara tropis itu bisa dijadikan bahan baku wine. Nah, baru-baru ini, wanita asal Tabanan, Bali, menceritakan perihal proses pembuatan dan pemasaran wine berbahan baku buah-buahan itu.

Gek Ayu mengaku sudah memulai usahanya sejak 2002. Dia sengaja membuat wine rasa buah sebagai alternatif wine yang selama ini ada. Awalnya, memang sulit memasarkan wine rasa buah ini kepada konsumen, terlebih di Indonesia. Sebab, mereka tidak terbiasa menikmati aroma wine dengan rasa buah-buahan.

Namun, lambat laun, masyarakat mulai kenal dengan wine yang oleh Gek Ayu diberi label Baliwein. Apalagi, dia menambah bahan baku lebih banyak lagi, termasuk membuat wine dari jahe. "Wine jahe cukup unik, meski pembuatannya memakan waktu setahun. Namun, orang Rusia sangat suka," kata Gek Ayu.

Saat ini, Gek Ayu sudah mengekspor produk Baliwein ke beberapa negara, seperti Jepang, Korea, dan Cina. Untuk mendapat rasa buah yang asli, dia langsung bekerja sama dengan para petani di dalam negeri, tidak membeli di pasar. Dengan begitu, dia bisa mendapat buah yang harum, segar, manis, dan tidak busuk. "Komitmen kami membantu petani lokal. Di saat harga turun, kami bisa membeli dengan harga normal," kata Gek Ayu.(lip6)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/produk/inovatif/2871-baliwein-wine-rasa-buah-.html

No comments:

Post a Comment