Thursday, June 2, 2011

Membuat Katalog untuk Bisnis

Views :1755 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 01 Juni 2011 08:42
Dalam memasarkan sebuah produk atau jasa, keberadaan katalog turut memberi kontribusi yang cukup berarti. Kalimat promosi yang menarik plus penampilan beberapa foto eye-catching mempunyai kekuatan menggugah minat konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Tapi membuat katalog untuk bisnis ini sebaiknya jangan asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan katalog sehingga tepat sasaran.

product_catalogKatalog di dunia bisnis diibaratkan jembatan penghubung komunikasi antara produsen dan konsumen. Informasi yang tersaji dalam katalog merupakan promosi yang terkadang jauh lebih nyaman bagi sebagian konsumen dibandingkan kehadiran sales yang secara langsung dan face-to-face menawarkan produk atau jasa.

Katalog pun bisa menjadi media yang lebih baik dan tampak lebih eksklusif bila dikemas dengan teknik fotografi dan desain grafis yang tinggi. Warna cerah dan tajam yang juga ditunjang oleh kalimat menarik dipastikan bisa menarik perhatian konsumen. Karenanya, dibutuhkan kerjasama dengan copywriter, desainer grafis dan fotografis untuk membuat katalog bisnis yang jauh lebih unggul dibanding yang lain.

Sebelum memulai proses pembuatan katalog, ada beberapa hal yang layak dipertimbangkan agar katalog Anda sukses memancing perhatian konsumen yakni :
  1. Analisa terlebih dahulu target atau konsumen yang ingin Anda sasar. Langkah ini bisa turut menentukan gaya bahasa serta pemilihan warna dalam katalog Anda. Bila konsumen Anda adalah remaja gunakan bahasa keseharian atau bahasa gaul yang kerap dipakai atau menjadi tren. Bedakan bila konsumen Anda para eksekutif muda atau para orangtua sebagai decision maker, sebaiknya pakailah bahasa yang lebih eksklusif atau sarat akan unsur edukatif.
  2. Eksplor produk, baik barang atau jasa, yang ingin Anda promosikan melalui katalog. Produk unggulan yang menempati posisi best-seller atau paling diminati konsumen bisa ditampilkan lebih menonjol dibanding produk yang lain. Bila ingin memasarkan produk baru, tampilkan produk tersebut dengan menonjolkan serangkaian kelebihan atau manfaat yang bisa konsumen peroleh.
  3. Jika membuat katalog di media online/internet, buatlah aplikasi yang user-friendly agar customer mudah melihat katalog tersebut hingga tertarik membelinya. Buat katalog seefektif mungkin dengan sistem administrasi pembelian serta pembayaran yang mudah dan gunakan software yang tepat sehingga traffic pembelian produk Anda pun bisa meningkat sesuai harapan. (*/dari berbagai sumber)
Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/8640-membuat-katalog-untuk-bisnis.html

No comments:

Post a Comment