Wednesday, June 8, 2011

Rai Bangsawan, Konsultan yang Banting Setir Menjadi Petani Sukses


PDF Cetak E-mail
Selasa, 07 Juni 2011 10:06
Keputusan yang diambil Rai Bangsawan, konsultan perusahaan asing bergaji besar untuk mengelola lahan pertanian sungguh patut diacungi jempol. Walau sudah sukses mengantongi penghasilan Rp70 juta per bulan tapi pria Bali ini merasa prihatin melihat kondisi pertanian di daerahnya hingga tertantang untuk mengolahnya dengan sistem yang baik.

raiKeprihatinan Rai bermula saat dirinya menyaksikan kuota kiriman sayur mayur serta buah-buahan yang masuk ke Bali melalui kargo Bandara Ngurah Rai. Jumlahnya begitu banyak dan sebagian besar berasal dari daerah berlahan kering seperti NTT, sehingga pada akhirnya timbul dalam benaknya untuk mulai memberdayakan lahan pertanian Bali yang dinilai tak kalah suburnya itu.

Realisasi dari rasa keprihatinan Rai ditunjukkan dengan menyewa lahan seluas kira-kira 100 meter yang lokasinya tak jauh dari kediamannya. Di lahan itu, Rai menanami kangkung organik dan menekuni profesi barunya sebagai petani. Meski menuai cibiran dari lingkungan sekitarnya, ayah tiga orang anak ini tak bergeming dengan keputusannya. Ia tetap mengembangkan kemampuannya di dunia tani.

Alhasil, tak hanya omzet yang diperolehnya, ia pun bisa turut memberi kesempatan pada orang untuk mengenal dunia tani terlebih dengan sistem organik. Pengalaman ini tak hanya bermanfaat bagi lingkungan juga bisa menuai penghasilan yang menguntungkan. Terutama gaya hidup saat ini yang lebih menomorsatukan kealamian sumber daya alam dan meminimalisasi bahan kimia berbahaya.

Usaha Rai berjalan mulus. Setelah berhasil menanam kangkung organik, ia mulai melirik kopi. Dengan sistem mengupas serta menjemur kopi sehabis dipanen untuk menghilangkan fermentasi jamur, Rai sukses memanen kopi berkualitas premium. Kopinya itu pun berhasil memeroleh penghargaan berupa sertifikat bergengsi dari 4C Coffee Association, lembaga sertifikasi kopi internasional di Jerman, sebagai bukti kualitas kopi Rai yang diberi label Bali Exotic Beans benar-benar bermutu. Berbekal sertifikat tersebut, Rai mampu bersaing dengan produk internasional lain di pasar Eropa.

Melalui keberhasilannya ini, Rai ingin membuktikan kepada khalayak bahwa profesi petani sungguh menguntungkan apalagi bila diimbangi dengan pengetahuan manajerial, pemasaran serta didukung oleh alam Indonesia yang begitu subur. (*/dari berbagai sumber)
Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/agrobisnis/8777-rai-bangsawan-konsultan-yang-banting-setir-menjadi-petani-sukses.html

No comments:

Post a Comment