Saturday, March 16, 2013

Ingin Sukses Memulai Wirausaha, Intip Tips Awalnya


Penulis : Riana Afifah | Jumat, 15 Maret 2013 | 09:21 WIB


SHUTTERSTOCK
Saat berbisnis jangan hanya memikirkan soal uang dan keuntungan. Tentukan tujuan lain dari bisnis.

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam memulai mengembangkan wirausaha, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik sekali pun Anda memulainya pada usia muda. Jaringan pelanggan merupakan salah satu alat ukur keberhasilan usaha yang dijalankan.

Makin besar jaringan yang anda buat, makin terbuka pintu kesuksesan dari usaha tersebut. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk membangun jaringan ini?

Pakar bidang Knowledge Management, James Van Der Westhuizen, mengatakan bahwa langkah pertama yang dilakukan adalah memahami jaringan pelanggan tersebut. Pasalnya, menjalankan sebuah usaha tidak semata-mata hanya berkutat pada masalah uang saja, tetapi intinya adalah pelayanan kepada orang lain.

"Pengetahuan akan pelanggan ini penting dan harus dipahami dengan baik keinginannya agar ada tujuan yang jelas dari usaha yang dijalankan," kata Van Der Westhuizen dalam acara Indonesian MAKE Study 2013 di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Langkah selanjutnya adalah memilih target pasar yang sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan. Hal ini juga berkaitan dengan pelayanan dan pengembangan wilayah usaha nantinya jika jaringan pelanggan mulai terbentuk. Dengan memilih target pasar yang tepat, pelaku usaha dapat membuat program promosi dan penjualan yang sesuai juga.

"Tidak cukup hanya paham dengan kemauan pasar. Namun, harus memilih target market mana yang akan disasar. Jadi sales programnya bisa tepat," jelas Van Der Westhuizen.

Langkah selanjutnya tentu saja mulai membuat program promosi yang jelas dan akurat dengan memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini. Untuk menggaet pelanggan, informasi yang memadai dengan berbagai rekomendasi positif akan membantu mendongkrak pengembangan usaha yang tengah dijalankan.

"Sekarang di mana-mana orang googling dulu untuk tahu review suatu tempat atau suatu barang. Jadi, manfaatkan itu sebaik mungkin. Banyaknya review positif tentu menarik minat orang untuk menggunakan jasa kita," tandasnya.
 
Editor :
Caroline Damanik

http://edukasi.kompas.com/read/2013/03/15/09211324/Ingin.Sukses.Memulai.Wirausaha..Intip.Tips.Awalnya

Wednesday, March 13, 2013

Mengapa Bisnis Anda Harus Online?

Hits : 2128 PDF Cetak E-mail
Selasa, 12 Maret 2013 08:36
e-commerce0911Teknologi internet saat ini sedang berkembang dengan sangat cepat. Internet diyakini akan merubah cara orang di seluruh dunia untuk berinteraksi dan bertukar informasi antar-sesama mereka.

Di Indonesia saja, pengguna internet jumlahnya naik rata-rata 35 persen setiap tahun. Saat ini diperkirakan ada 30 juta pengguna internet aktif di Indonesia, dan masih akan terus bertambah. Di negara maju, bahkan hampir setiap rumah memiliki koneksi internet.

Sudah saatnya, bisnis Anda menggarap pasar yang sangat besar dan potensial ini. Dengan cara meng-online-kan bisnis Anda, otomatis bisnis Anda sudah satu langkah lebih maju.

Berikut ini beberapa alasan mengapa bisnis Anda harus online:

Menjangkau wilayah yang lebih luasAnda dapat memperkenalkan diri Anda, perusahaan Anda, maupun produk atau jasa yang Anda jual ke seluruh pelosok dunia, di manapun ada koneksi internet. Dengan demikian bisnis Anda berpotensi untuk menjangkau calon konsumen lebih luas, termasuk dari luar negeri.

Tanpa batas waktuAnda dapat berpromosi selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, dan 12 bulan dalam setahun. Website Anda tetap dapat diakses meskipun tanggal merah.

Biaya promosi yang lebih ringanAnda dapat berpromosi dengan cara yang jauh lebih efektif. Melalui website Anda, promosi dapat dilalukan dengan cepat dan mudah, dan dengan biaya yang sangat ringan.

Bandingkan dengan cara promosi dengan media tradisional, di mana wilayah distribusinya sangat terbatas, dan hampir dapat dipastikan kita tidak mampu memasang iklan di setiap terbitannya secara terus-menerus, karena biaya beriklan di media seperti itu sangat mahal.

Membangun reputasi

Anda dapat menunjukkan pengetahuan, ketrampilan, maupun pengalaman Anda, sehingga dunia bahwa Anda serius dan profesional dalam bisnis Anda. Semakin banyak orang mengunjungi website Anda, nama Anda atau perusahaan Anda akan semakin dikenal.

Membangun komunikasi

Anda dapat berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen Anda, sehingga terjadi hubungan. Anda juga bisa mendapatkan umpan balik dengan cepat dari konsumen, baik negatif maupun positif, sehingga masalah kecil dapat dengan segera diperbaiki sebelum menjadi besar.

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/178-bisnis-online/11304-mengapa-bisnis-anda-harus-online.html