Thursday, March 31, 2011

Prosedur Hukum Berbisnis Waralaba

PDF Cetak E-mail
Kamis, 31 Maret 2011 16:18
Jika Anda adalah pengusaha yang terbilang sukses dan hendak mewaralabakan usaha Anda, Anda mungkin bingung karena terbentur masalah kurangnya pengetahuan akan hukum. Untuk membuat badan usaha waralaba, Anda perlu mengetahui landasan hukumnya.

waralaba-11Namun demikian, keinginan untuk mewaralabakan usaha, adalah niatan yang baik. Waralaba akan membuat bisnis Anda berekspansi dengan cara yang jauh lebih murah ketimbang membuka cabang yang Anda kelola sendiri.

Untuk memulainya, Anda perlu mempelajari peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu Peraturan Pemerintah RI No. 42 Tahun 2007 tentang Waralaba. Dalam beleid itu, yang dimaksud dengan waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha, terhadap suatu sistem bisnis tertentu, yang bekerja memasarkan barang dan/atau jasa. Produk barang/jasa itu adalah produk yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan Perjanjian Waralaba.

Suatu usaha dapat diwaralabakan apabila memenuhi 6 kriteria, yaitu; memiliki ciri khas usaha, terbukti sudah memberikan keuntungan, memiliki standar pelayanan dan barang/jasa yang ditawarkan yang dibuat secara tertulis, mudah diajarkan dan diaplikasikan, memiliki dukungan berkesinambungan, dan Hak Kekayaan Intelektual-nya telah terdaftar.

Selanjutnya Anda perlu membuat Prospektus Penawaran Waralaba kepada calon Penerima Waralaba. Prospektus ini setidaknya terdiri atas; data identitas pemberi waralaba, legalitas usaha pemberi waralaba, sejarah kegiatan usahanya, struktur organisasi pemberi waralaba, laporan keuangan dua tahun terakhir, jumlah tempat usaha, daftar penerima waralaba, hak dan kewajiban pemberi waralaba dan penerima waralaba. Prospektus tersebut harus didaftarkan di Kementerian Perdagangan, dan dari sana Anda akan mendapatkan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba.

Mudah kan? Nah, selamat berwaralaba! (*/reformata)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/180-waralaba/7469-prosedur-hukum-berbisnis-waralaba.html

Wednesday, March 30, 2011

5 Langkah Memilih Software Bisnis

PDF Cetak E-mail
Selasa, 29 Maret 2011 14:26
sofware_bizMemilih software bisnis yang tepat turut menyumbang keberhasilan bisnis Anda. software bisnis melakukan banyak proses dengan otomatis sehingga sangat menghemat waktu dan efisien. Anda harus menentukan jenis software apa yang tepat bagi bisnis Anda seperti akunting, manajemen proyek, sumber daya manusia, pembayaran gaji, prosesor kata, atau alat pengendali inventaris. Pilihan software Anda juga harus mempertimbangkan jenis bisnis apa yang Anda jalankan. Untungnya kini banyak cara untuk meneliti dan menentukan software terbaik bagi Anda.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan software yang Anda butuhkan:

1. Ketahui apa saja yang Anda perlu lakukan dengan software bisnis

Apakah Anda seorang penulis lepas yang membutuhkan software pencatatan penyerahan naskah? Atau Anda seorang pengusaha ritel dan membutuhkan sebuah software untuk mencatat inventaris Anda? Ada berbagai macam kebutuhan khusus seperti dua contoh tadi. Namun ada juga yang hanya menyentuh kebutuhan dasar saja. Jika Anda adalah seorang staf, Anda harus membeli software pembayaran gaji. Untuk pencatatan standar bisa digunakan software pengolah kata yang bisa fleksibel untuk berbagai tujuan pemakaian, dari menulis proposal hingga korespondensi atau bahkan iklan.

2. Teliti software sebelum membeli

Baca semua hal yang bisa Anda baca tentang software tersebut. Anda bisa mencari secara online atau mengunjungi toko buku, membaca jurnal ekonomi dan perdagangan. atau bahkan menelusuri surat kabar. Ada begitu banyak informasi tentang paket software bisnis. Temukan yang tersedia di toko terdekat dan pastikan harganya sesuai anggaran Anda.

3. Kunjungi toko software

Pergilah ke toko pengecer software dan cobalah untuk merasakan pengalaman menggunakan software yang Anda inginkan tersebut. Anda biasanya akan diberikan kesempatan untuk berbicara dengan staf penjualan toko tentang berbagai pilihan software yang tersedia.

4. Mendaftar dalam kursus

Banyak lembaga kursus yang bisa mengajari Anda bagaimana menggunakan sebuah software dengan baik dan efisien dalam waktu yang lebih singkat daripada harus belajar sendiri.

5. Buat keputusan

Kini Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman langsung menggunakan software tersebut, maka Anda sudah siap untuk menjatuhkan pilihan. (*/Akhlis)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/179-teknologi-informasi/7406-5-langkah-memilih-software-bisnis.html

Cara Membuat Nama Domain yang Menarik

Cara Membuat Nama Domain yang Menarik PDF Cetak E-mail
Selasa, 29 Maret 2011 11:45
memilih-nama-domainMemilih nama domain yang baik sangat penting bagi keberhasilan bisnis Anda. Nama domain situs bisa memiliki dampak besar. Logikanya sama seperti pemilihan lokasi gerai usaha. Jika Anda membuka gerai di lokasi strategis, maka bisnis Anda akan ramai pengunjung. Hal yang sama berlaku untuk nama domain. Berikut adalah enam hal yang harus dimiliki nama domain agar bisnis Anda mendatangkan keuntungan maksimum.

1. Berkesan

Sebuah nama domain yang baik harus diingat. Memang sih, ada fungsi “bookmark” di internet. Tapi faktanya banyak orang tidak memanfaatkan fungsi tombol bookmark ini. Oleh karena itu, pastikan nama domain Anda mudah diingat. Namanya harus mudah dan berkesan, serta tegas.  Hindari kompleksitas dan hindari inisial atau singkatan.

2. Singkat

Dua puluh karakter adalah maksimal. Akan lebih baik jika hanya sepuluh. Nama domain yang panjang dan rumit akan menyulitkan orang lain. Nama domain idealnya kurang dari sepuluh karakter, nama domain yang baik berkarakter antara 10 hingga 20 karakter.

3. Ekstensi yang tepat

Ada beberapa ekstensi domain yang tersedia, .com untuk badan usaha komersial, .net untuk penyedia jaringan ISP, .org untuk lembaga organisasi, .edu untuk institusi pendidikan, .mil untuk lembaga militer, dan .int untuk internasional. Ekstensi tertentu berfungsi lebih baik daripada yang lain, tergantung kebutuhan. Ekstensi .com sejauh ini tetap merupakan ekstensi yang paling dan paling banyak digunakan. Ekstensi terbaik ke dua adalah .net.

4. Mudah dieja

Nama domain yang susah dieja akan menyulitkan Anda dan pelanggan Anda. Sebuah nama domain yang baik harus berisi kata-kata yang mudah diucapkan, memiliki kombinasi kata atau huruf yang baik, umum digunakan sehari-hari, dan tidak mengandung kata-kata yang sama sekali asing.

5. Deskriptif

Sebuah nama domain yang baik harus bersifat deskriptif. Dengan kata lain, ketika pengunjung Anda, pelanggan, atau pelanggan potensial melihat nama domain Anda, mereka langsung segera tahu alamat itu merujuk pada usaha apa.

6. Tidak menggunakan simbol

Jangan membuat nama domain yang mengandung angka atau tanda hubung. Bahkan jika nama domain itu mudah diingat, orang justru biasanya tidak akan memperhatikan simbol-simbol. (*/Nilam)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/178-bisnis-online/7401-cara-membuat-nama-domain-yang-menarik.html

Saturday, March 26, 2011

Trik Sukses Bisnis Biro Perjalanan Wisata

Trik Sukses Bisnis Biro Perjalanan Wisata PDF Cetak E-mail
Jumat, 25 Maret 2011 17:02
tourtravelMeski banyak pebisnis yang telah mengeluti bisnis biro perjalanan wisata (tour and travel) namun tak membuat bisnis ini kehilangan auranya. Dengan inovasi tertentu, Anda dapat bersaing meski baru berkecimpung di dalam bisnis ini. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam menjalankan biro wisata:

1. Jalin kerjasama dengan beberapa tempat penginapan, pusat oleh-oleh, restoran, pusat kerajinan, serta tempat wisata. Untuk menambahkan pemasukan Anda, karena biasanya pihak tersebut akan memberikan potongan harga bagi biro jasa yang membawa tamu rombongan.

2. Usahakan untuk memiliki transportasi sendiri, misalnya untuk usaha biro jasa yang belum besar bisa memilih mini bus sebagai operasional biro jasa. Hal ini untuk mengurangi pengeluaran biaya operasional perusahaan.

3. Ciptakan paket bisnis yang menarik, misalnya paket wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, serta wisata bisnis. Untuk mememenuhi permintaan wisatawan yang beragam.

4. Perluas pemasaran hingga menjangkau wisatawan internasional, Anda bisa menggunakan jaringan internet untuk memasarkan paket wisata yang dimiliki biro jasa Anda. Agar pasar Anda tidak terbatas pada wisatawan lokal saja.

5. Pilih sumber daya manusia yang memang benar-benar mengerti tentang daerah wisata yang Anda tawarkan.

7. Promosikan bisnis travel agen yang sedang Anda bangun melalui online dan offline. Online dilakukan dengan membuat website, memasang iklan pada direktori bisnis, iklan baris dan pada forum–forum travel di dunia maya. Offline-nya bisa di lakukan dengan memasang iklan pada media cetak, menyebarkan flyer, membuat brosur dan promosi lainnya.

Sumber:

 http://ciputraentrepreneurship.com/kembangkan-uang-anda/7350-trik-sukses-bisnis-biro-perjalanan-wisata.html

10 Hal yang Harus Ada dalam Situs Bisnis

Hits : 3871 PDF Cetak E-mail
Jumat, 25 Maret 2011 14:03
Sebagai pemilik usaha kecil, Anda harus menyadari pentingnya sebuah situs yang representatif, yang mampu memberikan kemudahan akses serta informasi yang lengkap bagi pengunjung kapan saja dan di mana saja. Kehadiran usaha kecil Anda dalam bentuk online akan sangat membantu perkembangannya lebih lanjut dalam berbagai aspek, seperti pemeliharaan hubungan yang baik dengan pelanggan, penemuan kontak bisnis, dan sebagainya. Singkatnya, memiliki sebuah situs adalah kebutuhan mutlak bagi usaha kecil di era digital seperti sekarang.

web_bisnis11Dengan berdasarkan alasan di atas, bagi Anda pemilik usaha kecil yang masih belum memiliki situs, kini saatnya untuk merancang situs Anda sendiri. Sewa jasa profesional untuk dirikan sebuah situs dan pastikan situs Anda memuat hal-hal berikut ini.


Deskripsi yang jelas dan mudah dimengerti mengenai siapa Anda

Seseorang yang tidak sengaja berkunjung ke situs Anda tidak harus melakukan ‘penyelidikan’ yang rumit hanya untuk menemukan siapa dan apa pekerjaan Anda. Ini berarti Anda harus dengan jelas menyebutkan nama dan ringkasan produk atau jasa Anda di halaman utama/ beranda (homepage).

Katakan pada orang bahwa situs Anda ialah tempat yang tepat, yang selama ini mereka telah cari. Sebuah gambaran yang jelas akan segera menarik perhatian pengunjung dan mendorong mereka untuk membaca isi situs Anda lebih lama.

Penguasaan dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization)

Situs Anda tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika tidak ada orang yang berkunjung dan membacanya. Sedikit banyak Anda harus mengetahui dan menguasai teknik SEO sehingga situs Anda akan lebih berpeluang dikunjungi orang melalui mesin pencari.

Anda tidak perlu menyewa jasa seorang praktisi SEO yang menggunakan trik-trik kurang menyenangkan untuk bisa menduduki peringkat 1 atau setidaknya berada dalam halaman pertama hasil pencarian. Cukup pastikan situs Anda terkode dengan baik dan benar. Dengan kata lain, Anda harus gunakan kata kunci yang sesuai yang tersebar di beberapa titik sepanjang teks, menempatkan beberapa tautan dalam jumlah yang wajar, memberi nama judul halaman dan URL dengan benar, dan tidak ketinggalan menggunakan gambar dan video sebagai pendukung.

Desain dan gaya yang ramah pengunjung

Seperti yang pernah disebutkan Forbes, “Para pengguna internet memiliki kemampuan yang amat rendah dalam memfokuskan perhatian.” Pengunjung situs biasanya hanya membaca secara sekilas untuk mengambil sampel konten terlebih dahulu saat mereka membuka laman web baru. Bila mereka merasa telah menemukan bagian situs yang mereka inginkan/ memberi mereka manfaat, mereka cenderung akan membaca keseluruhan konten dengan lebih perlahan dan mendetil. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang berkunjung ke situs usaha kecil Anda, Anda harus mengatur konten agar lebih mudah dibaca dengan cepat.

Ada 3 cara penulisan teks untuk konten online agar lebih mudah dibaca dengan lebih cepat oleh pengunjung:
* Bagi tulisan menjadi paragraf-paragraf yang lebih singkat. Berikan judul kecil sehingga lebih mudah menarik perhatian.
* Gunakan poin-poin dalam bentuk daftar
* Berikan penekanan pada kata-kata atau frase-frase penting

Intinya, kesederhanaan dan warna dasar menjadi perhatian utama. Dan selalu ingat untuk fokus pada konten yang ditayangkan, bukan hal-hal lain yang kurang penting yang justru akan membingungkan dan membuat pengunjung meninggalkan situs Anda.

Alamat situs yang sederhana dan masuk akal

Dalam dunia web, berpikirlah sesederhana mungkin. Kesederhanaan akan memudahkan pengunjung yang tidak memiliki banyak waktu untuk berpikir untuk mencerna informasi lebih cepat dan efisien.

Usahakan memilih domain yang sederhana dan benar-benar mencerminkan usaha Anda karena domain berperan penting seperti merek. Inilah yang akan melekat dalam ingatan konsumen. Berpikirlah dan tanyakan “Apa yang akan saya ketik untuk menemukan informasi tentang usaha ini jika saya adalah seorang pengguna internet?” Dengan menempatkan diri dalam posisi orang lain, Anda akan lebih mudah menemukan alamat situs atau nama email yang mudah diketik (ejaannya simpel).

Utamakan untuk memilih .com sebagai domain Anda karena akhiran itu yang paling lazim ditemui dan paling diingat orang saat mengetikkan alamat situs di kotak pencarian. Untuk organisasi nirlaba, direkomendasikan untuk menggunakan domain .org sebagai merek. Patut dicamkan pula bahwa Anda perlu menghindari penggunaan tanda hubung (dash) yang bisa membingungkan baik bagi pengguna internet dan mesin pencari. Misalnya, jika Anda memilih nama domain usaha-saya.com, Anda harus menerangkan setiap berbicara pada orang bahwa ada tanda hubung di antara kedua kata itu. Itu tidak akan terjadi jika Anda memilih usahasaya.com. Selain tanda hubung, penggunaan angka dalam nama domain juga sebaiknya dihindari.

Peta situs yang memudahkan navigasi

Peta situs berfungsi memberi gambaran umum tentang isi dan struktur sebuah situs. Layaknya sebuah buku, peta situs ini adalah daftar isi atau indeks yang memudahkan pembaca menemukan konten yang mereka perlukan. Selain itu, berikan tautan yang jelas di laman-laman yang dianggap penting.

Pastikan navigasi bisa dilakukan dengan mudah. Anda direkomendasikan untuk menggunakan menu dropdown dalam navigasi sehingga pengunjung bisa melihat konten di bawah setiap judul dari setiap laman situs yang termuat.

Informasi kontak yang mudah ditemukan

Ini mungkin menjadi salah satu poin paling krusial dalam situs usaha. Situs Anda harus mempermudah orang lain menemukan dan menghubungi Anda. Situs bukan hanya sebuah etalase informasi yang berfungsi sebagai pajangan semata, tetapi menjadi papan informasi yang memuat informasi bisnis yang dibutuhkan. Banyak usaha kecil tetap berskala kecil selama bertahun-tahun karena mereka kurang dapat mengembangkan relasi bisnis dan kerjasama dengan pihak lain. Dan ini ialah akibat dari sulitnya orang menemukan dan menghubungi mereka. Tidak semua pengunjung situs memiliki tingkat kesabaran untuk menjelajahi setiap laman dalam situs Anda.

Tempatkanlah informasi kontak Anda di bagian kiri atas atau kanan atas di laman beranda. Akan lebih baik juga untuk memuat informasi kontak di setiap laman situs, entah itu di bagian kaki atau sisi kanan/ kiri atau sudut kanan atas. Intinya, tempatkan sedemikian rupa agar orang mudah menemukannya.

Lalu apa saja yang harus termuat dalam informasi kontak? Berikan alamat kantor, nomor telepon atau seluler kantor, nomor fax, email bisnis, dan formulir kontak standar. Atau berikan tautan menuju lokasi Anda di Google Maps. Dan mengingat meningkatnya penggunaan jejaring sosial, tidak ada salahnya untuk membuat akun khusus usaha di beberapa situs layanan jejaring sosial yang banyak dipakai segmen masyarakat yang menjadi target Anda. Singkatnya, jadilah fleksibel dengan menyediakan banyak opsi untuk menghubungi Anda. Dengan lebih banyak pilihan untuk menjangkau Anda, akan semakin meningkat pula peluang usaha Anda dikenal orang dan berkembang di kemudian hari.

Kesaksian pelanggan

Tidak ada yang seampuh metode dari mulut ke mulut dalam meningkatkan popularitas dan penjualan suatu produk atau jasa. Kata-kata jujur dari pihak lain membantu produk atau jasa Anda lebih kredibel di mata pengunjung situs. Kepercayaan pelanggan pada usaha Anda akan meningkat, ini terutama akan sangat membantu mengangkat nama sbuah usaha baru. Kesaksian semacam ini juga membantu orang yang tengah berbelanja untuk memutuskan apakah produk atau jasa mereka memenuhi kebutuhan atau tidak. Orang-orang selalu senang mendengarkan pengalaman nyata orang lain dalam menggunakan sebuah produk atau jasa. Kesaksian konsumen juga memberikan perspektif segar dari sudut pandang konsumen.

Konten berkualitas yang segar

Bagi banyak usaha, situs menjadi tolak ukur kesan pertama bagi seorang pelanggan. Anda ingin memberikan pengunjung situs apa yang mereka butuhkan dan mungkin memberikan mereka alasan untuk kembali lagi.

Pastikan pula konten yang disuguhkan adalah konten yang orisinal, ditulis dengan baik dan memiliki manfaat nyata.

Anda juga bisa tambahkan blog sebagai alternatif untuk berikan nuansa segar dalam situs yang kaku. Blog juga akan berikan ciri khas kepribadian sebuah usaha dengan bahasa yang lebih cair.

Seruan untuk bertindak

Beritahukan para pengunjung situs untuk melakukan sebuah tindakan nyata seperti menghubungi Anda via email untuk rapat kerjasama bisnis, mendaftar untuk berlangganan pembaruan terbaru di situs Anda, mengikuti kabar terbaru usaha Anda di jejaring sosial, mendaftar untuk dapatkan kupon/ diskon secara online, atau menambahkan produk ke dalam keranjang belanja virtual (jika situs Anda juga menawarkan fitur jual-beli online).

Platform hosting yang aman

Bayangkan jika situs Anda dibajak peretas dan semua informasi di dalamnya diacak-acak. Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi. Cegah dengan memilih sebuah perusahaan hosting yang tepercaya dan aman untuk mencegah peretas dengan niat buruk menembus keamanan situs. Penting juga untuk menjaga sistem manajemen konten (CMS) selalu termutakhirkan sehingga memperkecil kemungkinan mengalami gangguan peretas. (*/Akhlis)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/7342-10-hal-yang-harus-ada-dalam-situs-bisnis.html

Friday, March 25, 2011

Bagaimana Belajar Berbisnis dengan Cepat

PDF Cetak E-mail
Kamis, 24 Maret 2011 10:06
Tidak ada yang bisa menggantikan bekerja dalam sebuah usaha. Bahkan jika Anda bekerja dalam jangka waktu yang sangat pendek dalam kapasitas sebagai pekerja tingkat bawah, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman memadai tentang bagaimana usaha tersebut berjalan karena praktik bagaimanapun juga lebih baik dari hanya sekadar membaca buku atau melakukan penelitian.

learnbisnisMisalnya, Anda yang masih mahasiswa memutuskan untuk akan memulai sebuah usaha surat kabar kelak. Alih-alih menunggu hingga beberapa tahun untuk mencapai posisi tinggi dalam jajaran staf surat kabar atau menunggu kelulusan untuk bisa memulai usaha, Anda bisa bekerja paruh waktu di sebuah usaha surat kabar lain sebagai seorang proofreader (orang yang betugas memperbaiki kesalahan tanda baca dan ejaan). Memeriksa surat kabar tidak terlalu berbeda jauh dari pekerjaan memeriksa makalah atau esai kuliah, tetapi ini akan menempatkan Anda dalam atmosfer kerja kantor surat kabar yang nyata.  Pekerjaan sebagai proofreader memungkinkan Anda untuk mengamati pekerjaan lain yang lebih menyenangkan dan lebih penting yang sedang dilakukan orang lain. Hasilnya? Saat Anda benar-benar terjun ke dunia usaha surat kabar nanti, Anda akan jauh lebih berpengalaman daripada hanya sekadar melakukan penelitian pustaka, karena Anda benar-benar mengetahui apa yang orang-orang lakukan untuk mengoperasikan sebuah bisnis surat kabar.

Pendekatan alternatif lainnya, jika Anda membeli sebuah usaha, lakukan dengan mempekerjakan si penjual dalam jangka waktu yang pendek untuk menunjukkan pada Anda bagaimana operasionalisasi sehari-hari yang dilakukan. Pastikan untuk menulis kesepahaman semacam itu dalam perjanjian penjualan dan pembelian, termasuk menahan sebagian uang pembayaran hingga Anda telah mengetahui dengan mendalam apa saja yang harus dilakukan untuk menjalankan bisnis tersebut.

Anda bisa juga menghubungi relasi bisnis atau kenalan Anda atau perkumpulan pengusaha di sekitar Anda untuk mengetahui jika ada seminar atau pelatihan yang berhubungan dengan cara-cara memulai usaha. (*/Akhlis)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/7304-bagaimana-belajar-berbisnis-dengan-cepat.html

Resep Jitu Efisiensi di Tengah Krisis Global

Hits : 2207 PDF Cetak E-mail
Kamis, 24 Maret 2011 14:17
efisiensi_bisnisKrisis global yang terjadi saat ini tak pelak mengharuskan bisnis untuk menjadi semakin efisien, disebabkan permintaan yang kini menurun. Alternatif apa sajakah yang dimiliki perusahaan dalam memangkas biaya di tengah krisis global?

Pemangkasan biaya tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena punya dampak langsung terhadap profitabilitas dan daya saing dalam jangka panjang. Oleh karena itu, maka pemangkasan biaya yang dilakukan harus selaras dengan strategi yang diambil serta harus mempertimbangkan profitabilitas dan daya saing dalam jangka panjang.

Misalnya, pemangkasan dalam R&D, marketing dan belanja modal mungkin dalam jangka pendek dapat menekan biaya. Hanya saja, pengaruhnya bisa negatif terhadap profitabilitas dalam jangka panjang. Berikut ini adalah alternatif-alternatif pemangkasan biaya lainnya yang dapat Anda lakukan:

OutsourcingSupaya menjalankan bisnis lebih efektif dan efisien, maka outsourcing menjadi sebuah opsi yang makin banyak dilirik. Outsourcing umumnya dilakukan untuk bagian-bagian yang bukan merupakan operasi utama, melainkan dukungan dari bisnis seperti IT, HR, dan lainnya. Mengapa outsourcing? Hal ini karena outsourcing memungkinkan perusahaan untuk berfokus pada apa yang menjadi operasi utama mereka, sehingga bisnis bisa berjalan secara lebih efektif dan efisien.

Purchasing cost
Evaluasi purchasing cost dari produk ataupun bahan baku yang kini Anda gunakan. Untuk menekan cost, usahakan untuk melakukan negosiasi harga terhadap kontrak sekarang. Apalagi jika Anda sebagai pembeli mempunyai bargaining power of buyer yang tinggi, maka Anda berpotensi untuk memperoleh harga yang lebih bersaing. Temukan juga opsi supplier lainnya yang dapat menyediakan Anda produk/bahan baku yang lebih murah, dengan kualitas yang sama.

Transportation cost

Krisis tentunya mengakibatkan permintaan Anda menurun, sehingga, ini saatnya untuk mengevaluasi biaya transportasi Anda. Dengan kondisi permintaan yang berbeda, mungkin saja sebenarnya terdapat rute transportasi yang lebih optimal dan dapat meminimalisir biaya. Evaluasi dapat Anda gunakan dengan berbagai metode transportasi, mulai dari metode Northwest, Minimum Cost, Stepping Stone, hingga Modified Distribution dan lainnya demi memperoleh biaya yang paling efisien dan efektif.

Service cost

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah service cost kepada para pelanggan, yang kemungkinan bervariasi dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya. Oleh karena itu, Anda juga perlu menangani service cost supaya lebih optimal.

Misalnya, kita memasok produk ke dua ritel yang punya banyak cabang, yakni A dan B. Ritel A melakukan pemesanan secara terpusat, sehingga memungkinkan sekali pemesanan untuk seluruh cabangnya. Sementara ritel B berbeda, yakni masing-masing cabang melakukan pemesanan terpisah. Dalam kasus seperti ini, tentunya pemesanan seperti ritel A lebih optimal, karena pemesanan terpusat, sehingga lebih efisien dan praktis, karena pengiriman hanya sekali, juga penagihannya terpusat.

Salary expense

Salah satu opsi yang seringkali diambil oleh perusahaan adalah melakukan downsizing, PHK hingga menurunkan gaji dan benefit. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana daya saing perusahaan nantinya jika perekonomian sudah pulih? Bagaimana jika kebijakan perusahaan justru mendorong orang-orang penting untuk keluar dan beralih ke pesaing? Sehingga, perusahaan harus melakukan penyesuaian dengan terlebih dahulu melakukan pertimbangan-pertimbangan tersebut.

Other costs

Terakhir, cari pos-pos lain dimana biaya bisa ditekan, yakni pos-pos yang tidak menambahkan value added secara signifikan ke dalam bisnis. Misalnya, travel yang lebih murah untuk perjalanan dinas, kurangi fasilitas mewah, kurangi snack ketika meeting, kurangi renovasi interior yang tidak perlu, dan sebagainya.

Demikian adalah beberapa alternatif pemangkasan biaya yang dapat dilakukan bisnis. Memangkas biaya dengan penuh pertimbangan akan memungkinkan suatu bisnis berjalan secara efektif dan efisien, serta tetap berdaya saing di tengah hantaman krisis global.

*) Rinalla Putri-Vibiznews

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/7313-resep-jitu-efisiensi-di-tengah-krisis-global.html

Thursday, March 24, 2011

Pentingnya Strategi untuk Bisnis Kecil Anda

Hits : 1111 PDF Cetak E-mail
Rabu, 23 Maret 2011 10:45
Sebuah strategi yang baik secara langsung akan membedakan bisnis baru Anda dari bisnis lainnya. Strategi juga memberikan pelanggan Anda alasan yang kuat untuk memilih melakukan jual-beli atau kegiatan bisnis lainnya dengan Anda.

strategi_bisnisStrategi yang baik harus dikembangkan setelah mempertimbangkan pasar, kebutuhan pelanggan, persaingan yang terjadi, dan kelebihan relatif bisnis Anda, serta tak lupa, kelemahan yang dimiliki bisnis Anda.

Sementara kelebihan pesaing yang lebih besar dan mapan mungkin terlihat sangat menakutkan bagi bisnis baru Anda (seperti sumber pendanaan yang begitu besar dan basis pelanggan yang telah merata), perusahaan baru manapun juga memiliki kelebihannya tersendiri (sayangnya banyak pemilik bisnis kecil kurang menyadari hal ini dan terfokus pada kelemahan mereka, terutama dalam hal modal). Kelebihan tersebut misalnya fleksibilitas yang lebih baik serta pengetahuan mengenai bagaimana perusahaan yang telah mapan menempatkan diri mereka dalam pasar.

Triknya adalah pelajari bagaimana pesaing raksasa itu melakukan kegiatan bisnisnya, kemudian ketahui apa saja kelemahannya yang bisa bisnis Anda lakukan. Sodorkan kemampuan bisnis Anda yang tidak dimiliki perusahaan besar itu kepada para pelanggan, maka bisnis Anda akan memiliki keunggulan tersendiri dibanding yang lain. Misalnya, jika Anda mengetahui pelanggan bisnis X merasa bosan dengan desain produk A yang monoton, maka Anda bisa tetapkan strategi untuk berikan desain produk yang lebih ceria, warna-warni, atau bisa dikustomisasi sesuai keinginan dan selera pelanggan.

Banyak bisnis kecil mencoba untuk serba bisa, serba lengkap, dan sebagainya hanya untuk menjaring jumlah pelanggan sebanyak-banyaknya. Inilah yang disebut sebagai tidak memiliki strategi sama sekali! Bahkan jika Anda mampu melakukan tugas lainnya dengan baik. Akan sangat sulit bagi Anda untuk berhasil dalam dunia bisnis tanpa sebuah strategi tepat dan spesifik. (*/Akhlis)


http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/15809-pentingnya-strategi-untuk-bisnis-kecil-anda.html

Saturday, March 19, 2011

Meraup Untung dari Mebel Daur Ulang


PDF Cetak E-mail
Kamis, 18 Maret 2010 09:09
Memasuki hall D di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, sederetan mebel unik menyapa mata para pengunjung International Furniture and Craft Fair Indonesia 11-14 Maret 2010. Dibuatnya dari kayu-kayu tua, tapi teksturnya begitu halus, warna-warninya juga menarik dan tak norak. Desainnya juga modern sehingga pengunjung pameran tidak akan mengira jika perabot meja, kursi, dan rak-rak cantik itu berasal dari daur ulang badan kapal bekas.

tarumasBagi kebanyakan orang, kayu-kayu tua dan bekas itu mungkin sampah tapi di tangan Pidekso, pemilik Taruemas Furniture, jadilah mereka emas. Berbekal kreativitas dan kejelian membaca peluang pasar, Pidekso membangun bisnis yang kini beromzet ratusan ribu dolar. Pasar mebel bikinannya dieskpor ke berbagai belahan dunia, terutama Eropa dan Amerika, Jepang, dan Korea.

Di temui Tempo di sela-sela pameran IFFINA, Ahad pekan lalu, Pidekso menuturkan ide kreatif dan pengalamannya terjun di bisnis furniture yang digelutinya itu. Awalnya, produk mebel Taruemas dibuat dari kayu-kayu tebangan yang dipasok PT Perhutani. Namun, sejak dua tahun lalu, setelah mengikuti berbagai pameran dan membaca banyak literatur, ia merasakan kalau konsumen mebel di luar negeri cenderung pilih-pilih.

“Kebanyakan pembeli internasional mintanya kayu untuk mebel bukan kayu tebangan,” kata Pidekso. Itu semua gara-gara isu pemanasan global yang tengah menjadi perhatian dunia. Pasar menuntut perhatian lebih terhadap kelestarian alam, termasuk mebel yang masuk ke wilayah Eropa, Amerika, serta Jepang dan Korea mustilah kayu tebangan bersertifikat.

Sadar semakin banyak perhatian pada isu lingkungan, dua tahun lalu Pidekso mulai ikut-ikutan menjual mebel daur ulang. Bahan baku diperolehnya dari bekas bongkaran rumah atau vila. “Mulanya saya beli tiga mebel jadi dari kayu daur ulang buatan teman saya. Belum sampai seminggu semuanya sudah laku. Akhirnya saya pindah haluan hanya menjual mebel dari kayu daur ulang,” sambungnya.

Mulanya, Pidekso menuturkan, banyak kesulitan dijumpainya karena memang belum punya pengalaman masuk ke wilayah jual-beli kayu bekas. Tetapi setelah survei ke Jawa, Pidekso bisa menemukan banyak pemasok dari rumah-rumah kayu reot yang akan dibongkar pemiliknya. “Mungkin mereka banyak yang merasa lebih terhormat kalau bisa bangun rumah tembok,” ujar Pidekso.

Ternyata menjual produk-produk mebel dari kayu daur ulang justru membuat bisnis Pidekso makin moncer. Tak terpuruk saat permintaan anjlok, Pidekso membuktikan mampu bertahan saat dunia memasuki resesi ekonomi. Tahun 2008-2009, berbagai negara memang sedang diterpas krisis keuangan global. Daya beli turun dan orang cenderung menunda belanja. “

Kalau saya masih pakai kayu tebangan biasa, pasti usaha saya begitu-begitu saja. Tetapi karena produk saya ide baru, jadi pasar masih mau terima,” tutur Pidekso. Sebagai bukti, sambungnya, tahun 2009 ekspor perusahaannya masih bertahan dengan 10 kontainer ukuran 20 kaki. Jika nilai produk per kontainer US$ 15-20 ribu maka totalnya sekitar US$ 150-200 ribu.

Biarpun biaya produksi lebih mahal dibanding bahan baku kayu tebangan, tapi Pidekso mengaku marjin keuntungan bisnis mebel daur ulangnya justru lebih renyah. “Jadi kalau dilihat dari keuntungan, masih lebih untung bisnis kayu daur ulang,” tambah Pidekso.

Mulai awal Januari 2010, Pidekso makin berani berkreasi dengan menambah koleksi beraneka produk yang diperoleh dari kayu kapal bekas yang didaur ulang menjadi beraneka mebel bergaya modern. “Filosofinya untuk mebel-mebel ini setelah bertahun-tahun memberi penghidupan lalu istirahat, sekarang saya buat menjadi terhormat lagi dengan menjadi mebel yang berseni,” tuturnya.

Dalam proses produksipun Pidekso menanamkan filosofi cinta kepada anak buahnya. Ia, misalnya, meminta para tukang memasukkan unsur “hati” dalam setiap pengerjaan karya mebelnya. Dan ternyata, proses produksi malah menjadi lebih cepat karena "hati" para tukang telah nyambung dengan "jiwa" kayu-kayu yang mereka garap. Mereka menikmati kerja karena bebas berkreativitas. “Untuk buat satu kursi, hanya butuh dua hari,” tambah Pidekso.

Setelah mengikuti pameran di Kemayoran, ia makin optimis menyambut tahun 2010. Bahkan mentarget bisa meraup omzet hingga dua kali lipat. “Selain ekonomi membaik, minat kepada mebel hasil kayu daur ulang meningkat drastis. Apalagi sekarang bisa kombinasi produk dengan olahan kayu kapal,” ujar Pidekso.

Kayu daur ulang tetap jadi andalan. “Kepuasannya tidak terbayarkan dengan uang. Jadi tidak harus dilihat dari segi bisnis saja,” tutur Pidekso.

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/manufaktur/1456-meraup-untung-dari-mebel-daur-ulang-.html

Thursday, March 17, 2011

Memulai Usaha Toko Bunga

Memulai Usaha Toko Bunga Cetak
Kamis, 17 Maret 2011 14:44
toko_bungaBerminat untuk memulai usaha toko bunga? Usaha apapun yang berhubungan dengan tanaman membutuhkan lebih dari sekadar kemampuan bisnis, karena bisnis ini memerlukan ketelatenan. Apalagi tanaman bunga. Untuk mulai usaha yang satu ini, Anda perlu mencintai tanaman bunga.

Banyak orang yang bekerja membuka toko bunga karena beralih profesi dari profesi sebelumnya. Nah, kalau Anda pecinta bunga, mengapa tidak mulai buka toko bunga? dari sini Anda bisa dapat penghasilan. Bisnis ini dapat dikelola sendirian. Dan bahkan Anda dapat tetap menyediakan waktu untuk keluarga Anda. Untuk memulai usaha toko bunga skala kecil, Anda dapat merangkai bunga di rumah dan mengirimnya ke pelanggan. Dengan begini, anak-anak pun bisa membantu dan dengan demikian Anda dapat mendidik mereka akan kecintaan pada bunga.

Jika Anda sudah siap untuk menjual bunga secara profesional, Anda perlu lebih mengatur keuangannya. Selain masalah akuntansi, Anda juga perlu menyiapkan lokasi yang tepat untuk mulai membuka toko. Tentukan juga konsep toko dan dekorasinya. Setelah itu cari tempat yang bersedia memasok bunga-bunga segar untuk toko Anda. Berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu Anda penuhi untuk mulai membuka toko bunga.

1. Yang paling penting, Anda harus mencintai bunga. Jika Anda melakukan bisnis ini hanya berdasarkan niat mencari keuntungan semata, Anda pasti akan merasa bisnis ini hanya sekadar pekerjaan. Padahal, untuk mengurusi bunga-bunga, Anda perlu passion dan menjadikannya semacam hobi.

2. Anda harus kreatif dalam merangkai bunga. Siapa pun dapat membuat rangkaian bunga. tapi agaimana untuk mendesain rangkaian bunga yang kreatif dan berbeda dari rangkaian bunga florist lain? Pelanggan ingin rangkaian bunga yang berkualitas dan eksklusif. Jika Anda bisa memenuhi keinginan mereka, usaha Anda akan diminati.

3. Anda harus memiliki kemampuan mengkombinasi warna dengan baik. Desain rangkaian bunga yang kreatif, jika kombinasi warnanya tidak serasi, maka semua tampilannya akan tampak kurang indah. Komposisi dan desain adalah dua hal yang saling mendukung untuk membuat karangan bunga Anda terlihat indah.

4. Sebuah toko bunga sebaiknya memiliki tampilan yang ramah dan menyenangkan. Tidak hanya tokonya, pemilik dan pelayannya juga perlu bersikap ramah, hangat, dan ceria dalam melayani pelanggan.

5. Seorang penjual bunga juga harus mampu membaca pikiran pelanggan. Anda harus tahu bunga macam apa yang mereka butuhkan. Ketahuilah niat mereka dalam membeli bunga; apakah untuk pacarnya, ibunya, untuk acara berkabung, atau sekadar bunga hiasan di meja makan? Anda perlu menguasai skill ini dalam menjual bunga.

6. Ada pembeli bunga yang memesan di saat-saat terakhir untuk kebutuhan mendesak. Jangan tolak permintaan mereka. Hargai kepentingan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menyediakan bunga-bunga indah yang segar di saat mendesak sekalipun. (*/Nilam)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/kembangkan-uang-anda/7205-memulai-usaha-toko-bunga.html

Saturday, March 12, 2011

Membuat Kos-kosan yang Menarik

Views :2524 Times PDF Cetak E-mail
Sabtu, 12 Maret 2011 06:48
Kos-kosan umumnya adalah sarana yang tak pernah habis peminat. Hampir setiap lokasi kos-kosan yang dekat dengan pusat aktivitas, biasanya ramai peminat. Kos-kosan biasa dibangun di dekat kampus atau kawasan perkantoran. Jika dekat kampus, maka peluang pasarnya rata-rata tetap, yaitu saat masa pergantian tahun ajaran. Mahasiswa baru biasanya akan berdatangan mencari kos-kosan yang dekat dengan kampusnya dan sesuai dengan kantong mereka.

Sedangkan untuk kos-kosan yang dekat lokasi perkantoran, memang agak lebih bersaing. Harga kos-kosan di kawasan perkantoran dapat dipatok dengan harga lebih mahal dibandingkan dengan kos-kosan dekat kampus. Harga sewa per bulan di masing-masing kawasan tersebut rata-rata umumnya berada pada kisaran yang sama. Jadi mungkin harga bukanlah aspek penjualan yang terlalu bisa diutak-atik. Namun nilai tambah kos-kosan dapat diolah pada aspek lain selain harga. Berikut adalah caranya agar kos-kosan kita punya nilai tambah sehingga lebih menarik di mata para calon penyewa.

kos-kosan1. Keleluasaan dan privasi Hal yang paling dicari dari sebuah rumah kos adalah keleluasaan dan privasi. Calon penghuni kos biasanya malah jadi urung menyewa kamar karena misalnya untuk mengakses kamarnya sendiri, ia harus melewati rumah atau area privat si pemilik kos. Pastikan bahwa kos-kosan yang Anda sewakan punya akses langsung dari jalan menuju kamar masing-masing. Pastikan para penghuni kos punya kunci pintu kamar masing-masing dan kunci pintu gerbang, beserta kunci cadangannya.
Keleluasaan yang dimaksud juga bisa berupa kebebasan mengganti cat atau tampilan interior kamar, atau kebebasan mengajak teman masuk bertamu ke kamar kos-kosan.

2. Sarana

Sediakan sarana standar seperti air bersih, kamar mandi (bisa di luar atau di dalam kamar), tempat cuci dan jemur pakaian, serta area parkir, dan mungkin juga sarana elektronik seperti kipas angin atau AC. Penghuni kos sebisa mungkin memiliki area parkir yang cukup luas untuk memarkir kendaraan pribadi mereka baik itu motor, mobil, ataupun sepeda.

3. Layanan istimewa

Berikan layanan yang istimewa, misalnya berupa layanan cuci baju yang lebih murah, layanan pesan-antar makanan ke kamar, layanan antar air galon, serta membersihkan kamar (misalnya termasuk juga layanan mengganti seprei kasur dan instalasi barang elektronik). Namun untuk yang terakhir ini, sebelumnya Anda juga harus mempromosikan keamanan lokasi kos-kosan. Pastikan para penyewa kamar merasa aman tinggal di kos-kosan Anda, terutama jika ada orang lain yang masuk untuk membersihkan kamar atau mengganti seprei kasur.

4. Bonus

Sediakan bonus berupa diskon untuk penghuni yang membayar kos tepat waktu. Diskon tidak harus berupa potongan harga sewa kamar bulanan, namun bisa berupa layanan gratis cuci atau setrika pakaian (salah satu atau keduanya). Atau, misalnya kelonggaran untuk menggunakan barang elektronik pribadi di kamar, penggunaan sarana listrik, atau telepon. Tawaran yang berbeda seperti ini tentu menarik dan dapat menjadi nilai tambah suatu produk kos-kosan. Namun ada baiknya tawaran istimewa ini berlaku pada saat tertentu saja, misalnya seminggu pertama saat kos-kosan masih baru dibuka, atau pada awal musim pergantian tahun ajaran. (*/Nilam)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/kembangkan-uang-anda/7086-membuat-kos-kosan-yang-menarik.html

Thursday, March 10, 2011

Jahe gajah menjanjikan peluang segede gajah


PELUANG USAHA
 
Kamis, 10 Maret 2011 | 13:23  oleh Diade Riva Nugrahani
PELUANG BISNIS JAHE GAJAH
Jahe gajah menjanjikan peluang segede gajah
Jahe gajah termasuk jenis jahe yang paling banyak diminati kalangan industri. Tak hanya pasar dalam negeri, permintaan pasar ekspor juga tinggi. Bahkan, akibat cuaca tak menentu, para produsen harus impor lantaran pasokan jahe menurun.

Sejak dulu, jahe (Zingiber officinale) termasuk produk rempah yang paling banyak dicari untuk aneka kebutuhan. Tak hanya untuk industri makanan dan minuman, jahe juga banyak dicari untuk industri pengolahan obat. Karena memang dibutuhkan banyak industri, budidaya tanaman ini selalu menjanjikan.

Di Indonesia, keluarga jahe dibagi dalam tiga kelompok besar: jahe merah, jahe gajah, dan jahe emprit atau jahe kuning dengan ukuran kecil. Dari ketiganya, jahe gajah merupakan jenis yang paling banyak dicari. Seperti namanya, jahe ini memiliki ukuran lebih besar ketimbang jahe lain. Jika ruas jahe biasanya hanya berberat maksimum 200 gram, berat ruas jahe gajah bisa mencapai 500 gram.

Permintaan jahe gajah tak cuma untuk kebutuhan industri dalam negeri. Jahe gajah juga banyak diekspor ke negara lain. Misalnya, India, Singapura, Jepang, Hongkong, Amerika Serikat, Jerman, Prancis, dan Belanda. Di sejumlah negara Eropa, industri minuman seperti bir, produsen kue, dan bumbu masak membutuhkan jahe sebagai bahan pencampur.

Untuk pasar dalam negeri, permintaan akan jahe gajah banyak berasal dari perusahaan jamu dan farmasi, sebutlah Sidomuncul, Air Mancur, Nyonya Meneer, Jamu Jenggot, dan Indo Farma.

Sutomo, Managing Director PT Semesta Alam Petro, salah satu produsen jahe gajah, mengakui hampir semua industri obat tradisional di Indonesia membutuhkan jahe gajah sebagai bahan baku produksi. Tak hanya perusahaan besar, permintaan juga datang dari usaha kecil menengah (UKM). Industri jenis ini umumnya memproduksi permen jahe sampai minuman bandrek kemasan.

Pasar dalam negeri, umumnya menyerap jahe gajah dalam bentuk irisan jahe kering. Adapun pasar ekspor umumnya menyerap jahe dalam bentuk jahe segar yang sudah dibersihkan. Selain dalam bentuk jahe utuh, baik kering maupun basah, para produsen ini juga menjual jahe dalam bentuk minyak dan bubuk.

Sebagai salah satu pemain besar bisnis jahe gajah, Semesta Alam Petro mengekspor produk ke Bangladesh, Turki, dan Eropa. Permintaan untuk pasar ekspor bisa mencapai satu ton per hari. “Berapa saja yang kami sediakan, semua diserap habis oleh pasar,” tandas Sutomo.

Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri saja, Semesta Alam Petro harus menyediakan hingga 150 ton sehari. “Kami sampai menolak permintaan,” kata Sutomo.

Muntoha, pemilik CV Jahe Merah di Jakarta, merupakan pemasok jahe gajah untuk aneka industri. Dalam sebulan, Muntoha hanya sanggup memasok kebutuhan hingga 120 ton. Sebab, belakangan ini, pasokan dari petani dalam negeri terus menurun. Padahal, tren permintaan terus naik dari tahun ke tahun.

Ironisnya, lantaran pasokan dari petani cenderung turun, beberapa pemasok besar terpaksa cari cara instan agar tetap bisa memenuhi permintaan industri makanan minuman, jamu, dan kosmetik. “Kami terpaksa impor jahe dari India dan Vietnam,” kata Sutomo.


Cuaca buruk

Padahal, dalam kondisi normal, Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim dan cuaca yang sangat baik untuk membudidayakan jahe gajah. Tanaman ini dapat tumbuh di ketinggian 800 di atas permukaan laut (dpl). Ari Ferdiyansyah, petani jahe gajah, menjelaskan, jahe gajah bisa ditanam secara monokultur ataupun tumpang sari. Di lahan yang sama bisa ditanam bawang atau cabai. Pola ini cocok bagi petani untuk meningkatkan pendapatan.

Menjelang musim hujan merupakan saat yang paling baik untuk menanam jahe gajah. Sebab, tanaman ini memerlukan pengairan yang teratur dan rentan terhadap hama yang bisa menyebabkan pembusukan. Setelah tanam, jahe gajah bisa dipanen pada usia sembilan hingga 12 bulan.

Bagi petani jahe, menanam jahe gajah relatif menguntungkan lantaran tanaman ini mampu menghasilkan hingga 10 ton per hektare (ha). Jika menggunakan teknologi intensif yang modern, satu hektare bahkan bisa menghasilkan hingga lebih dari 30 ton.

Sayangnya, belakangan panen tanaman jahe gajah cukup terganggu oleh cuaca yang tak beraturan. Hujan yang terus-menerus menyebabkan akar tanaman busuk, sehingga produksi jahe terganggu. “Hasil kebun turun hingga 40%,” kata Sutomo. Saat ini, Sutomo memiliki total 700 hektare kebun jahe di Temanggung, Pekalong-an, Blora, dan Yogyakarta.

Kondisi ini berbalik dengan permintaan yang terus tumbuh minimal 10% per tahun. Menurut Muntoha, untuk tetap memenuhi kebutuhan pasar, para produsen jahe gajah terpaksa mengimpor jahe dari sejumlah negara seperti Vietnam dan India. Sutomo, misalnya, mengimpor jahe dari China.

Dan ironisnya lagi, jahe impor malah jauh lebih bagus ketimbang produk lokal. Selain lebih bersih, ukurannya lebih besar. Harganya pun lebih kompetitif. Jika di petani lokal harga jahe gajah bisa mencapai Rp 14.000 per kilogram (kg), harga jahe impor cuma Rp 7.000 per kg.

 Sumber:
http://peluangusaha.kontan.co.id/v2/read/1299738222/61481/Jahe-gajah-menjanjikan-peluang-segede-gajah

Tuesday, March 8, 2011

Trik Kelola Jejaring Sosial Bisnis Secara Produktif

Views :3271 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 08 Maret 2011 13:44
social-netwJika Anda mendirikan bisnis di abad 21 dan belum menjadikan internet dan jejaring sosial sebagai bagian dari strategi bisnis, bisa dikatakan Anda dan bisnis Anda masih  ‘terjebak’ di masa lalu.  Kini ada begitu banyak jenis jejaring sosial di dunia maya. Sebut saja dari yang paling terkenal seperti Facebook, Twitter, MySpace, LinkedIn hingga Plaxo Pulse, eBay Community, Flickr, Koprol, Plurk, Burple, Plop, Foursquare dan sebagainya.  Semuanya bisa menjadi alat pemasaran dan promosi bisnis yang potensial, tergantung pada sasaran dan target konsumen dari usaha Anda.

Masalah yang sering dihadapi oleh pemilik bisnis kecil menengah yang mengelola akun jejaring sosial ialah: “Bagaimana saya bisa mengelola semuanya dengan efektif tanpa harus kehilangan waktu dan produktivitas kerja?”.

Ketahui tujuan AndaSebelum terjun ke lautan  jejaring sosial, sangat penting untuk merumuskan tujuan yang Anda ingin capai. Dan berpeganglah pada tujuan tersebut. Setiap situs jejaring sosial memiliki kekhasan masing-masing. Misalnya LinkedIn lebih menyasar pada pengguna profesional untuk tujuan memperluas jaringan kerja. Mengikuti diskusi di LinkedIn akan memberikan kelebihan tersendiri, apalagi jika Anda berhasil menunjukkan antusiasme dan kelebihan di antara sesama pengguna. Anda akan dianggap sebagai seorang ahli. Facebook lebih menjadi sebuah media promosi umum yang bisa menjangkau sebanyak mungkin calon konsumen potensial di Indonesia (mengingat jumlah penggunanya yang sangat besar).

Tentukan fokusWaktu Anda terbatas. Kurang bijak untuk menghabiskan segala energi dan waktu untuk tampil di setiap situs jejaring sosial setiap saat. Lalu apa triknya? Fokuslah. Anda hanya punya dua tangan saja. Meskipun Anda ahli dalam multitasking, mengelola banyak akun jejaring sosial bisa kontraproduktif jika terlalu berlebihan. Pilih satu atau dua jejaring sosial yang paling banyak digunakan masyarakat yang Anda tuju. Pemilihan jenis jejaring sosial ini berkaitan erat dengan tujuan yang Anda di atas. Fokus akan membantu Anda bekerja lebih produktif.

Gunakan email tersendiri untuk mendaftarSemua jejaring sosial membutuhkan alamat email untuk mendaftar. Nah, coba untuk membuat sebuah akun email terpisah dari akun bisnis Anda (akun email khusus jejaring sosial). Cukup satu email untuk semuanya sehingga Anda tidak perlu susah dalam mengatur. Alamat email ini bisa Anda gunakan sebagai jalur komunikasi khusus dengan orang-orang/ pihak yang Anda kenal dari jejaring sosial. Pemisahan ini akan sangat berguna terutama jika Anda tidak ingin email bisnis Anda penuh dengan email pemberitahuan, atau bahkan email scam.

Hubungan dengan situs/ blog AndaJika dianalogikan dalam dunia nyata, sebuah situs/blog adalah rumah kita yang permanen. Sementara jejaring sosial adalah sebuah pesawat telepon atau ponsel yang membuat Anda dapat berhubungan dengan sebanyak mungkin orang, yang pada gilirannya akan membuat mereka ingin berinteraksi lebih banyak dengan Anda di rumah permanen Anda.

Dan tak hanya berhenti di situ. Setelah kita membuat orang lebih banyak mengunjungi dan berinteraksi dalam situs atau blog kita, kita berlanjut pada tujuan selanjutnya yaitu mengubah hubungan virtual tersebut menjadi sebuah hubungan yang nyata, riil. Sekali lagi perlu ditekankan bahwa berjejaring sosial bukan semata-mata demi berjejaring sosial itu sendiri. Berjejaring sosial adalah sebuah titik awal bagi berbagai individu, organisasi, pihak, dan sebagainya untuk mulai membangun hubungan ‘offline’.

Buat aturan dan disiplinSaat Anda telah jelas mengenai tujuan berjejaring sosial, saatnya menentukan batasan agar Anda tidak kehilangan produktivitas. Dengan kata lain, coba tentukan waktu untuk mengelola jejaring sosial dengan baik dan berapa lama Anda berjejaring sosial setiap hari. Selanjutnya patuhi jadwal tersebut. Misalnya Anda memutuskan untuk aktif di LinkedIn dan beraktivitas di sana selama 30 menit setiap harinya. Taatilah itu, jangan mencoba untuk menjadi permisif saat waktu telah habis.

Gunakan layanan agregatLayanan agregat jejaring sosial memungkinkan kita mempublikasikan satu pembaruan ke semua akun jejaring sosial yang kita kelola dengan sekali klik. Layanan semacam ini misalnya Yoono, ButterflyPublisher.com, HelloTxt.com, Ping.fm, Hootsuite.com, Tweetdeck.com, Seesmic.com, dan sebagainya. Semua akun akan terintegrasi dalam satu dasbor sehingga Anda tidak perlu membuka masing-masing situs layanan jejaring sosial untuk bisa memutakhirkan status atau berinteraksi di sana.

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/7007-trik-kelola-jejaring-sosial-bisnis-secara-produktif.html#comment-615