Thursday, December 9, 2010

Kreativitas, Modal Entrepreneur Handal

Tips Bisnis
Kreativitas, Modal Entrepreneur Handal PDF Cetak E-mail
Kamis, 09 Desember 2010 11:54
creativity-signUntuk menjadi entrepreneur handal, Anda harus kreatif. Lalu apa sajakah ciri-ciri orang yang kreatif? Simak penjelasan-penjelasan berikut ini:

1. Pencetus paradigma
Paradigma adalah seperangkat cara berpikir atau rujukan. Orang yang kreatif sering kali mampu melewati kelaziman cara berpikir orang kebanyakan. Mereka mempelajari situasi dengan memanfaatkan banyak sudut pandang dan mampu melakukan pergeseran dratis dalam pemikiran untuk menemukan solusi permasalahan.

2. Selalu berusaha bekerja lebih baik
Manusia kreatif tidak begitu saja menerima segala sesuatu apa adanya. Mereka selalu mencari cara memperbaiki keadaan. Mereka melihat sesuatu yang dilihat orang lain, tetapi sering kali memikirkannya dengan cara yang berbeda. Mereka memandang masalah sebagai peluang dan tantangan yang menggugah semangat untuk berinovasi.

3. Menyukai humor dan santai
Ide kreatif sering muncul dalam keadaan otak yang santai dan tenang. Saat senang dan santai, otak tidak lagi menyiapkan hambatan atas segala hal atau kemungkinan baru.

4. Mempunyai kebiasaan bertindak
Orang kreatif tidak hanya menghasilkan ide-ide baru, mereka juga bertindak mewujudkan ide mereka menjadi kenyataan. Mereka memiliki dorongan yang kuat untuk berbuat.

5. Mempunyai pemikiran inkuisitif
Orang kreatif biasanya selalu ingin tahu. Mereka terbiasa bertanya kenapa, atas segala sesuatu yang terjadi.

6. Melihat kesalahan sebagai peluang
Mereka tidak suka menghindar dari suatu perbuatan, meskipun perbuatan itu menghasilkan kegagalan. Mereka senantiasa berpikir bahwa kegagalan adalah resiko sekaligus proses menuju keberhasilan.

7. Mempunyai jawaban alternatif
Mereka tidak hanya membuat satu kemungkinan solusi, melainkan beberapa solusi. Dari sana mereka akan memilah cara atau solusi terbaik.

8. Toleran terhadap hal-hal yang dilematis
Ide kreatif sering muncul pada otak yang sedang menghadapi dilema dan kesukaran. Pola pikir yang lurus dan cara pandang yang menggunakan kaca mata kuda dapat cenderung
mengesampingkan gangguan, sehingga menimbulkan konsentrasi tinggi pada hal yang sedang dipikirkan.

9. Mencoba kemustahilan
Mereka selalu memerhatikan ide-ide termasuk ide yang mustahil. Merenungkan ide baru dapat memunculkan kemungkinan baru.

10. Berpikir seimbang
Orang yang kreatif biasanya mampu menggunakan otak kanannya sebanyak penggunaan otak kirinya. Insting diterapkan untuk mengimbangi otak kiri yang biasa berpikir teknis. (*/Nilam/dari berbagai sumber)
Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis.html?start=319

No comments:

Post a Comment