Monday, August 27, 2012

Kunci Promosi Sukses Adalah Fokuskan Pesan!


Hits : 178 PDF Cetak E-mail
Minggu, 26 Agustus 2012 12:43

Kunci_Promosi_Sukses
Coba lihat sekeliling Anda saat ini. Betapa gencarnya promosi dan iklan yang dilakukan pemilik produk. Nyaris tak ada ruang kosong yang tak dijejali oleh iklan atau promosi.

Baliho atau spanduk memenuhi jalanan. Dari sekolah, halte bis, bahkan sampai kamar mandi pun terdapat iklan. Semua benda dari bis kota, kaos, sampai tempat tusuk gigi atau tisu juga ada iklannya. Semuanya berebut perhatian Anda!

Begitupun di dunia internet, kini promosi atau iklan sudah makin marak. Baik berupa banner,iklan baris, maupun iklan terselubung yang dimasukkan lewat link. Semuanya juga mencoba menarik perhatian Anda. Tapi sebenarnya bagaimana berpromosi yang efektif? Agar upaya promosi yang kita lakukan setidaknya membuahkan hasil yang setimpal.

Berpromosi yang efektif ada caranya. Salah satu prinsipnya adalah dengan memfokuskan isi pesan yang ingin Anda sampaikan.

Mari kita belajar dari iklan dan promosi di sekeliling kita. Bisa dikatakan promosi yang suksesadalah yang memiliki satu pesan. Satu promosi berisi satu pesan. Tujuannya supaya pesan yangdisampaikan tidak “bersaing” atau dikaburkan oleh pesan-pesan lainnya.

Jadi, kuncinya memfokuskan pesan yang ingin anda sampaikan. Kalau Anda menjual suatu produk, Anda promosikan dengan hanya menciptakan satu pesan saja. Anda bisa rasakan perbedaan efek promosi yang berpesan banyak dengan hanya satu pesan kan?

Kemudian, langkah kedua, sebar luaskan promosi anda.Semakin tersebar dan gencar promosi Anda, maka peluang keberhasilannya makin besar. Sebab, iklan atau promosi yang Anda lakukan akan sampai ke lebih banyak orang dan terus “membombardir” mereka.

Caranya selain berpromosi di internet, juga bisa dilakukan di sekitar Anda. Anda bisa buat selebaran yang mempromosikan produk anda dan ditempel di tempat-tempat strategis. Bisa juga dengan menempelkan alamat situs web atau blog anda di kendaraan Anda.

Di samping itu, gunakan cara berpromosi paling klasik terampuh: dari mulut ke mulut. Ceritakan kepada orang-orang mengenai produk Anda. Sampaikan kepada orang-orang mengenai tentang produk Anda.

Tak perlu malu. Karena anda tak sedang melakukan hal yang memalukan. Anda hanya menyampaikan produk anda. Syukur-syukur kalau mereka berminat. Atau paling tidak merekatahu mengenai produk Anda.

Kalau Anda punya banyak pesan promosi yang ingin disampaikan lalu bagaimana? Apapun yang ingin anda sampaikan, saran saya sebaiknya satu promosi hanya satu pesan. Kalau punya banyak pesan, buatlah dalam beragam promosi.

Posting atau sales letter yang memikat hanya memiliki satu pesan. Dan Anda
bisa memperkuatnya dengan berbagai cara. Mungkin lewat contoh, testimoni, dan lainnya.

Ya, cuma satu pesan! Banyak pesan hanya akan membuat promosi anda kehilangan arah bahkan membingungkan perhatian pengunjung Anda. Yang kemudian membuat mereka bingung melakukan apa.

Kalau ingin pengunjung mengingat pesan anda, buat pesan sesederhana mungkin. Promosi yang baik bersifat singkat-padat-jelas dan dekat dengan kehidupan mereka. Tak perlu bertele-tele, sampaikan pesan Anda secara lugas.

Kalau tidak bisa meringkas bisnis anda dalam satu kalimat, kalau pengunjung sulit menangkap pesan situs web anda dalam 10 detik, maka Anda gagal berkomunikasi. Pesan Anda gagal menancap di benak mereka. Dan itu artinya promosi Anda belum berhasil.

Untuk memperkuat brand Anda, penting juga memiliki slogan, semboyan, atau tagline yang menggambarkan bisnis Anda. Kalau dicoba hasilnya pasti mengagumkan. Masih ingat “StopDreaming, Start ACTION”? Slogan itu menjadi pendorong pengunjung untuk mengubah hidupnya dengan melakukan langkah-langkah nyata. (*DI)

Sumber: Koleksi Artikel Strategi Bisnis, Muhammad Yusuf

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/19517-kunci-promosi-sukses-adalah-fokuskan-pesan-anda.html

No comments:

Post a Comment