Sunday, May 20, 2012

Fokuslah pada 1 Startup dan 1 Ide


Hits : 1219 PDF Cetak E-mail
Sabtu, 19 Mei 2012 06:13
Fokus masih menjadi masalah utama bagi para entrepreneur. Kegagalan menetapkan fokus dalam bekerja membuat mereka lebih sulit menghasilkan karya terbaik. Fenomena seperti ini banyak kita temui. Entrepreneur, apalagi yang masih kuliah, cenderung kesulitan membagi waktu dan bahkan bekerja untuk membesarkan dua startup atau lebih sekaligus. Bagi angel investor, hal ini bisa jadi poin negatif bagi entrepreneur yang akan didanai. Angel investor umumnya lebih menyukai mereka yang fokus pada satu startup dan 1 ide bisnis saja pada satu waktu.

Risiko yang harus dihadapi oleh mayoritas startup bukan mengenai kemungkinan kegagalan saja, tetapi juga apakah ia akan gagal lebih cepat dan pulih lebih cepat jika ide bisnis yang dikembangkan bukan ide yang sukses.

Banyak ide-ide awal memiliki kesalahan atau cacat di dalamnya meskipun sasaran dan pasarnya sudah tepat. Tidak memberikan perhatian yang lebih pada hal ini berarti Anda tidak akan membuat banyak kemajuan untuk menyadari bahwa ide itu gagal dan merancang rencana selanjutnya atau pindah haluan (pivot) ke ide lain yang memiliki peluang sukses lebih tinggi. Fokus yang lebih tinggi sama dengan kemajuan yang lebih banyak peluang untuk mencapai sukses.

Kini sebagian orang akan menuduh entrepreneur sukses dengan berbagai bisnis senilai miliaran rupiah sebagai entrepreneur yang kehilangan kemampuan untuk memfokuskan diri pada satu ide bisnis dan satu startup. Kenyataannya ialah mereka yang sudah sukses dengan berbagai bisnis ini mulanya fokus pada satu startup dan satu ide. Perlahan mereka kemudian mendaki ke skala bisnis yang lebih besar tetapi mereka biasanya sudah mencapai skala bisnis yang memadai dan 100% eksekutif seniornya fokus pada masing-masing bisnis yang didirikan. Maka dari itu, meski sebagian entrepreneur memiliki banyak bisnis, mereka memiliki orang-orang dalam perusahaan yang sudah fokus sepenuhnya pada kegiatan bisnis yang dijalankan. (image credit: linkbuildr.com/*AP)


http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/16962-fokuslah-pada-1-startup-dan-1-ide-.html#comment-2020

No comments:

Post a Comment