Saturday, April 14, 2012

Menggunakan Testimoni untuk Tarik Pelanggan Baru


Hits : 662 PDF Cetak E-mail
Sabtu, 14 April 2012 06:19
online-shoppingJika Anda memiliki situs bisnis, Anda tentu ingin mendapatkan lebih banyak nilai penjualan dari situs tersebut. Karena pada dasarnya memiliki situs bisnis adalah suatu bagian dari upaya pemasaranan dan promosi online yang tak kalah pentingnya dengan upaya offline lainnya.

Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk membuat orang yang mengunjungi situs bisnis kita tertarik untuk menjadi pembeli atau pelanggan setia ialah membuat sebuah laman khusus untuk testimoni video. Dan testimoni berupa video ini bukan berasal dari Anda, tetapi orang lain yang sudah menjadi pelanggan Anda dan mereka merasa puas. Kutipan-kutipan dalam bentuk video yang bernada testimoni ini pada dasarnya memiliki kekuatan promosi yang lebih baik daripada promosi yang berasal dari Anda sendiri.

Berikut merupakan cara-cara simpel untuk membuat testimoni yang ‘menjual’ bagi bisnis Anda.
  1. Tempatkan testimoni di laman beranda situs: Buatlah sebuah ruang untuk menampung testimoni di laman awal situs Anda. Isi dengan testimoni yang terbaik menurut Anda.  Pangkas kalimat yang tak perlu dan terlalu panjang. Ambil bagian yang paling menarik saja. Ingat, tujuannya untuk merangsang keingintahuan pengunjung situs bukan membuat mereka bingung dan pergi meninggalkan situs Anda.
  2. Pamerkan tweet positif: Jika Anda memiliki tingkat partisipasi yang aktif di Twitter dan memiliki basis pengikut yang kuat, jangan sia-siakan tweet-tweet yang bernada positif yang memberikan afirmasi bagi reputasi bisnis Anda, manfaat dan nilai produk/ jasa yang Anda jual. Perlihatkan tweet-tweet tersebut pada pengunjung situs. Dengan demikian, akun Twitter bisnis Anda pun juga akan memiliki lebih banyak pengikut.
  3. Testimoni video: Manfaatkan fakta bahwa jutaan orang belajar dengan baik melalui rangsangan visual dan audio. Video dengan isi testimoni akan berguna sekali dalam hal ini. Ini bisa berupa wawancara singkat (tak lebih dari 5 menit) dengan klien setia.
  4. Deskripsi produk dan layanan: Tempat terbaik lainnya untuk menampilkan testimoni ialah dalam deskripsi produk atau jasa yang Anda tawarkan. Testimoni akan sesuai karena menunjukkan bukti nyata bukan hanya khayalan dan kata-kata indah Anda.
  5. Pengumuman peluncuran produk/ jasa via email: Saat mempromosikan sesuatu yang baru, masukkan sebuah kutipan dari seseorang yang ditampilkan dalam produk, seorang peserta dalam acara perusahaan tahun sebelumnya atau salah satu pelanggan awal dalam kegiatan bisnis Anda.

Testimoni merupakan cara untuk membangun bukti-bukti sosial yang meyakinkan mengenai bisnis Anda. Jangan remehkan nilai dan manfaatnya. Tambahkan testimoni saat meluncurkan produk/ jasa apapun dan lihat hasilnya. (*AP)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/16044-menggunakan-testimoni-untuk-tarik-pelanggan-baru.html

No comments:

Post a Comment