Friday, August 5, 2011

Usaha Antar Jemput Anak Sekolah

Usaha Antar Jemput Anak Sekolah PDF Cetak E-mail
Sabtu, 23 April 2011 07:31
antar_jemput_ankMemiliki sebuah mobil di rumah yang jarang digunakan? Mungkin Anda bisa gunakan untuk persewaan mobil. Namun jika Anda kurang nyaman jika harus menyewakannya kepada orang lain karena berbagai alasan, peluang usaha ini bisa dicoba apalagi jika rumah Anda tidak jauh dari kawasan sekolah.

Dengan kesibukan orangtua zaman sekarang, mereka tidak banyak memiliki waktu untuk mengantar maupun menjemput anak-anak ke dan dari sekolah. Untuk itulah jasa antar jemput sangat dibutuhkan, terutama di daerah-daerah urban yang padat penduduk.

Langkah-langkah persiapan:1. Jika belum bisa mengemudikan mobil, belajar dan dapatkan surat ijin mengemudi yang sah.
2. Tentukan daerah atau rute mana saja yang bisa kita layani.
3. Lakukan pengamatan ke sekolah-sekolah untuk mengetahui keadaan calon konsumen di lapangan.
4. Bangun hubungan yang baik dan erat dengan orang-orang tua siswa yang ada di sekitar Anda sehingga mereka memiliki kepercayaan terhadap Anda. Nama baik dan reputasi yang bisa dipercaya akan menjadi ‘izin usaha’ yang amat penting bagi Anda. Sehingga jika Anda memberitahukan pada mereka Anda akan membuka usaha antar jemput, mereka tidak akan ragu menitipkan buah hatinya di jasa layanan Anda.
5. Mobil menjadi alat vital dalam operasionalisasi usaha ini. Keselamatan adalah yang terpenting. Mobil Anda tidak harus keluaran terbaru dan mahal tetapi harus memenuhi standar keamanan dan dalam kondisi yag laik jalan.

Langkah-langkah realisasi:

1. Pegang teguh komitmen terhadap para konsumen (orang tua dan siswa).
2. Miliki nomor kontak ponsel anak, orang tua murid dan jika perlu, pihak sekolah, sehingga bisa dilakukan koordinasi tentang jam masuk dan pulang siswa sekolah yang bersangkutan.
3. Junjung tinggi kebiasaan tepat waktu karena dalam usaha ini arti penting waktu sangat ditekankan. Orang tua murid tentu tidak akan memercayakan anaknya berangkat dengan orang yang suka terlambat dan kurang disiplin.
4. Monitor kondisi fisik mobil dan surat-surat resminya sehingga Anda tidak akan kerepotan hanya karena terlewat masa perpanjangannya dan sebagainya.

Langkah-langkah promosi dan marketing:

1. Tetapkan target marketing yang sesuai. Cari sekolah yang membutuhkan jasa angkutan ini. Beberapa sekolah telah memiliki bus sekolahnya sendiri dan yang lain menyerahkan urusan antar jemput kepada pihak orang tua.
2. Lakukan promosi dengan berbagai metode. Salah satunya yang paling ampuh ialah metode word-of-mouth, yang berupa rekomendasi lisan dari orang-orang di sekitar Anda.
3. Cetak flyer, selebaran, atau poster yang menarik untuk ditempel dan dibagikan di sekolah-sekolah atau pemukiman yang penuh dengan anak kecil.

Tantangan:

1. Tidak semua orang tua membutuhkan jasa antar jemput karena telah memiliki sopir dan mobil sendiri untuk mengantar anak-anak mereka.
2. Kejenuhan dalam hal penawaran bisa menyebabkan persaingan yang kurang sehat antar penyedia jasa antar jemput. Antisipasi dengan mencari sekolah baru sebagai target konsumen atau berinovasi dengan menambah nilai tambah bagi konsumen. (*/Akhlis)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/kembangkan-uang-anda/7847-usaha-antar-jemput-anak-sekolah.html

No comments:

Post a Comment