Sunday, April 24, 2011

5 Kiat Tingkatkan Layanan Pelanggan

PDF Cetak E-mail
Sabtu, 23 April 2011 08:47
Customer_Service235Memiliki sebuah garda depan yang kuat bagi sebuah negara adalah keharusan. Dan bagi sebuah bisnis, layanan pelanggan yang andal akan memperkuat posisinya terutama di mata pelanggan/ konsumen. Berikut ialah beberapa kiat yang bisa Anda terapkan dalam memperkuat garda depan usaha Anda:

1. Jadilah penolong yang tulus

Tanamkan kepada setiap petugas di layanan konsumen bahwa sikap tulus dan senang hati dalam memberikan pertolongan kepada pelanggan akan membangun hubungan yang baik dan erat dengan pelanggan. Dalam jangka pendek, mungkin hasilnya tidak terlalu kentara. Tetapi jika diamati dalam jangka panjang, dapat dipastikan akan terjadi peningkatan, entah itu dalam hal penjualan, kemitraan, dan sebagainya.

2. Dengarkan pelanggan dengan sungguh-sungguh

Saat petugas layanan konsumen Anda melayani pelanggan, pastikan mereka memberikan perhatian penuh kepada pelanggan tersebut. Ajarkan mereka untuk fokus kepada setiap perkataan pelanggan, baik itu pujian, keluhan, atau makian sekalipun. Usahakan untuk mengetahui  masukan dari pelanggan tanpa dicampuri dengan interpretasi petugas yang menerima masukan.

3. Berbuat lebih

Anda atau jajaran frontliner mungkin sedang mengalami hari-hari yang berat dan sibuk, tetapi itu bukan alasan untuk mengabaikan pelanggan atau memberikan layanan ala kadarnya. Jika seorang pelanggan meminta petunjuk arah di mana sebuah barang ditempatkan, usahakan untuk tidak hanya memberikan mereka petunjuk arah yang benar tetapi juga dengan sukarela mengantarkan mereka ke tempat yang dimaksud.

4. Berikan hadiah

Terkadang perlu diberikan  semacam insentif kepada para pelanggan yang bersedia susah payah menghubungi dan memberikan masukan. Bonus untuk setiap pembelian produk/jasa bisa diberikan kepada pelanggan (baik yang menyampaikan dengan baik atau bahkan dengan kasar). Tidak hanya Anda akan mendapatkan sebuah senyuman dari mereka tetapi Anda juga akan terus memelihara basis konsumen yang setia.

5. Lakukan lebih dari yang dijanjikan

Yang pertama dan utama ialah jangan pernah membuat janji yang tidak bisa dipenuhi kepada konsumen. Namun, lakukan satu langkah lebih maju dengan melebihi harapan mereka. Jika Anda berjanji untuk mengirimkan produk sebelum pukul 5 sore, jika memungkinkan usahakan produk tersebut telah sampai di tangannya pukul 2 siang. Bayangkan jika Anda adalah konsumen tersebut, pastinya Anda akan merasa sangat puas bukan? Dan kepuasan tersebut akan membuat pelanggan terus datang kembali untuk menggunakan produk atau jasa Anda. (*/Akhlis)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/53-pelayanan-konsumen/7848-5-kiat-tingkatkan-layanan-pelanggan.html

No comments:

Post a Comment