Friday, July 15, 2011

3 Kiat Mencapai Grafik Pertumbuhan yang Dahsyat


Hits : 1424 PDF Cetak E-mail
Kamis, 14 Juli 2011 10:00
Setiap pengusaha memimpikan terjadinya pertumbuhan yang dahsyat dalam usaha yang digelutinya. Namun kepercayaan diri yang rendah serta sikap pesimis seakan memupuskan impian tersebut. Pada akhirnya timbul pertanyaan dalam benak mereka, benarkah ledakan pertumbuhan bisa terjadi terhadap usaha yang baru saja dirintis? Ataukah hal tersebut hanya sekedar mitos belaka?

Explosive_GrowthDalam dunia bisnis, tak ada yang namanya mitos. Segala hal memungkinkan terjadi. Bila pengusaha bisa berpikir “out of the box”, kesuksesan bisa diraih secepat kilat meski usahanya masih dalam kategori belia. Sukses di sini juga bisa diartikan mampu menggapai tingkat pertumbuhan yang fantastis hanya dalam kurun waktu singkat. Tak percaya? Mari kita coba buktikan dengan mengambil contoh kesuksesan Facebook dan Groupon seperti yang dijabarkan oleh situs Grow Think.

Facebook dan Groupon, situs jejaring sosial dan situs daily deals terkemuka saat ini, dinilai berhasil meraih ledakan pertumbuhan dalam hal pencapaian target, pendapatan serta penjajakan bisnis hanya dalam waktu beberapa tahun. Menariknya adalah kedua situs raksasa itu memiliki tiga kesamaan. Bila dijabarkan persamaan itu layak dipakai sebagai kunci sukses bagi para pelaku usaha pemula atau bagi sebuah usaha yang mengalami pertumbuhan bisnis rendah.

1. Bermula dari Skala Kecil
Baik Facebook maupun Groupon melangkah dalam skala yang kecil. Keduanya diluncurkan untuk komunitas yang relatif kecil. Setelah memeroleh feedback dari customer, keduanya lalu meningkatkan fasilitas serta pelayanannya.

Facebook misalnya. Social networking yang lahir dari situs pendahulunya, Facemash, awalnya hanya ditujukan atau bisa diakses oleh mahasiswa Universitas Harvard saja. Kemudian berkembang dengan segmen lebih luas yakni mencakup mahasiswa di 8 universitas elit AS yang biasa dijuluki Ivy League lalu meluas lagi mencakup semua mahasiswa secara nasional sebelum pada akhirnya bisa diakses oleh umum seperti sekarang ini.

Begitu pula halnya dengan Groupon. Situs penyedia kupon diskon ini tadinya hanya memiliki market seluas markas besarnya saja yakni Chicago. Tak berapa lama, Groupon menjangkau kota lain seperti New York City, Boston, Washington D.C., Los Angeles dan San Fransisco. Kini, wilayah cakupan Groupon merambah menjadi lebih dari 200 kota di penjuru dunia.

2. Tumbuh Melalui Perencanaan
Ketika Facebook dan Groupon berkesempatan ekspansi, keduanya tidak melakukannya secara tergesa-gesa. Sebaliknya, dua situs itu melakukan kontrol yang tepat dengan membuat perencanaan matang. Hal itu bisa dilihat saat Facebook dan Groupon berkesempatan ekspansi setelah sukses dalam skala kecil. Facebook tak lantas membuka akses untuk segmen umum tapi lebih memilih segmen mahasiswa yang lebih luas dengan target mahasiswa Ivy League. Sementara Groupon tak langsung melebarkan sayap meraih seluruh kota di AS tapi dengan bijak memilih berekspansi dari kota-kota besar di beberapa negara bagian.

Kontrol dan perencanaan matang yang dilakukan oleh kedua situs tersebut bertujuan :
  • Memberi kesempatan pelaku usaha untuk menyempurnakan produk/jasa sebelum diluncurkan ke segmen berskala lebih besar.
  • Memberi kesempatan pelaku usaha untuk menciptakan sistem pelayanan yang lebih baik bagi customer lama serta bagi customer baru yang akan dibidik. Hal ini juga memberi kesempatan pelaku usaha untuk melatih dan merekrut karyawan demi kepuasan customer.

3. Produk/Jasa yang Menarik
Tak bisa dipungkiri bahwa baik Facebook maupun Groupon menawarkan produk/jasa berkonsep menarik. Kedua situs ini memberikan solusi atau jawaban bagi sebuah kebutuhan dengan cara yang elegan dan belum pernah ada sebelumnya. Facebook misalnya, memungkinkan orang melakukan interaksi sosial dengan cara unik yang belum pernah ada sebelumnya. Sedangkan Groupon menawarkan cara belanja unik yang belum pernah ada sebelumnya yakni memberikan customer kupon diskon yang bisa ditukarkan di outlet-outlet lokal atau nasional.

Menjadi “the next” Groupon atau Facebook adalah tantangan besar yang membutuhkan kerja keras ekstra tinggi. Namun, membuat usaha dengan grafik pertumbuhan dahsyat merupakan tantangan yang bisa digapai dan dapat dilaksanakan oleh siapa saja, bahkan oleh Anda sebagai pemain awam. Cobalah membuktikannya dengan mencermati 3 kiat di atas. (*/ely)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/9712-3-kiat-mencapai-tingkat-pertumbuhan-yang-dahsyat.html

No comments:

Post a Comment