Thursday, December 6, 2012

Kiat Sukses Mengembangkan Bisnis dengan Modal Ventura



Klinik UKM
Iim Rusyamsi, S.T.
Pakar Usaha Kecil Menengah
Chairman UKMSukses.com
Co-Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap UKM KADIN Indonesia
Koordinator Wilayah Tengah

Kiat Sukses Mengembangkan Bisnis dengan Modal Ventura

Iim Rusyamsi - detikfinance
Kamis, 06/12/2012 14:01 WIB
Jakarta - Saya saat ini sedang menjalankan usaha kreatif membuat aplikasi multimedia pembelajaran untuk sekolah-sekolah. Usaha ini belum lama saya rintis, dan untuk mengembangkannya saya memerlukan modal tambahan.

Ada beberapa modal ventura yang menawarkan saya tambahan modal yang sedang saya pertimbangkan. Apa saja benefit buat saya jika saya mengambil modal ventura tersebut selain pembiayaan?

Terima kasih

Ridwan
Jakarta

Jawab:

Saat ini memang banyak modal ventura (venture capital) yang menawarkan pembiayaan usaha kepada perusahaan-perusahaan yang baru memulai bisnisnya (start-up) khususnya yang bergerak di bidang kreatif dan digital.

Modal ventura menjadi solusi alternative bagi pengusaha pemula atau UKM untuk kebutuhan pembiayaan usahanya, pembiayaan ini untuk jangka waktu tertentu secara tunai dengan ditukar sebagian saham perusahaan tersebut.

UKM yang belum dapat diterima perbankan karena beberapa persyaratan belum dapat dipenuhi, belum memiliki catatan keuangan yang baik, belum memiliki asset untuk agunan atau pun dinilai oleh perbankan memiliki resiko yang tinggi dapat menggunakan tawaran pembiayaian dari modal ventura ini.

Perusahaan pemberi modal ventura biasanya menerima dan mengelola dana ventura dari pihak ketiga atau investor baik lokal maupun dari luar negeri. Dan para investor ini bisa individu, perusahaan/lembaga atau pun pemerintah.

Bagi UKM, keuntungan jika kita bergabung dengan perusahaan modal ventura adalah sebagai berikut :

1. Bimbingan / Pendampingan

Modal ventura diharapkan selain membantu pendanaan, mereka juga dapat membantu secara bimbingan dan pendampingan usaha seperti manajemen, marketing, SDM maupun bimbingan teknis.

Pembinaan ini bagi perusahaan modal ventura adalah bertujuan mempercepat keberhasilan UKM tersebut dan mereka pun berkepentingan agar apa yang sudah mereka investasikan dapat kembali untuk diinvestasikan kembali kepada perusahaan pemula lainnya yang memerlukan.

2. Jejaring bisnis

Manfaat dari para pengusaha pemula bergabung dengan modal ventura adalah jejaring bisnis dari perusahaan modal ventura itu sendiri. Network bisnis dari perusahaan ventura tentu lebih besar, karena mereka terdiri dari para invenstor yang sudah mempunyai pengalaman dan link bisnis yang luas.

Misal saja, jika UKM binaannya membutuhkan akses pemasaran agar dapat diterima oleh mall-mall besar, maka perusahaan ventura dapat membantu dengan memanfaatkan jejaringnya.

3. Penambah semangat

Perusahaan ventura bisa memberikan manfaat lain sebagai penambah motivasi dan semangat bagi pemula. Mereka akan selalu memberi dukungan dan mengingatkan serta memberi solusi disaat UKM menemui kendala usaha. Mereka menjadi mentor terdekat untuk para UKM agar bisa terus bangkit dan tumbuh.

4. Ilmu dan pengalaman

Manfaat lainnya adalah perusahaan modal ventura, tentu mereka adalah terdiri dari individu-individu yang telah berpengalaman dalam berbisnis. Ilmu dan pengalaman membesarkan bisnis dari mereka adalah nilai yang tidak terhingga. UKM dapat memanfaatkan ilmu dan pengalaman para modal ventura tersebut untuk usaha UKM tersebut.

Semoga bermanfaat jawaban saya ini, dan semoga dapat menemukan modal ventura yang tepat untuk anda.



(hen/hen)

http://finance.detik.com/read/2012/12/06/140147/2111140/1340/kiat-sukses-mengembangkan-bisnis-dengan-modal-ventura 

No comments:

Post a Comment